Jumat, 03 Januari 2020

Bupati Romi Pimpin Upacara HAB Kemenag RI Ke-74

SABAKUPDATE.COM, MUARASABAK - Upacara peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama Republik Indonesia Ke-74 yang dilaksanakan dilapangan Madrasah Aliyah Negeri 1 Kecamatan Rantau Rasau diguyur berjalan khitmad, Jumat (3/1/2020) pagi.

Meskipun diguyur hujan, namun upacara yang dipimpin oleh Bupati Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), H. Romi Hariyanto, SE, tetap dilakukan. Menariknya, Bupati langsung turun dari mimbar kehormatan disaat prosesi pengibaran Duplikat Bendera Merah Putih yang diiringi dengan lagu Indonesia Raya.

Dalam sambutannya, Bupati Romi membacakan sambutan dari Menteri Agama Republik Indonesia, Fachrul Razi yang mengatakan, peringatan ini merupakan tonggak peristiwa penting yang mempunyai arti khusus bagi Bangsa Indonesia yang menjunjung tinggi kaidah dan nilai – nilai kehidupan beragama, yaitu Hari Amal Bhakti Kementerian Agama.

Peringatan Hari Amal Bhakti Kementerian Agama juga merefleksi rasa syukur kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, dan penghargaan terhadap jasa – jasa para perintis dan pendiri Kementerian Agama.

"Kita semua bisa berdiri ditempat ini, tidak lepas dari perjuangan dan pengorbanan generasi terdahulu,” ujar Bupati membacakan realise Fachrul Razi.

Sejalan dengan Tema Hari Amal Bhakti Kementerian Agama Tahun 2020 yaitu, Umat Rukun Indonesia Maju, maka seluruh jajaran Kementerian Agama di Pusat dan Daerah, agar menjadi agen perubahan dalam memperkuat kerukunan antar umat beragama di tanah air.

"Karena kerukunan umat beragama merupakan modal kita bersama untuk membangun Negara dan menjaga Integrasi Nasional,” tegasnya.

Setelah prosesi upacara selesai, Bupati merasa tersentuh karena setiap peserta basah kuyub diguyur oleh air hujan. Sontak saja, ia langsung menuju kebarisan anak Sekolah Dasar (SD) dan langsung memberikan sejumlah uang lembaran seratus ribuan.(mln)