Kades Majelis Hidayah Harapkan Usulan yang Menjadi Prioritas Dapat Terealisasi

Kades Majelis Hidayah Harapkan Usulan yang Menjadi Prioritas Dapat Terealisasi

SABAKUPDATE.COM, MUARASABAK - Desa Majelis Hidayah, Kecamatan Kuala Jambi, Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) Tahun Anggaran 2021 yang dilaksanakan diaula Kantor Desa Majelis Hidayah, Kamis (16/1/2020) pagi.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Majelis Hidayah, Toni J menyampaikan, bahwa melalui Musrenbangdes ini, masyarakat dapat mengajukan segala usulan. Yang mana nantinya akan diserap untuk ditetapkan di RKPDes ditahun 2021 berdasarkan skala prioritas.

"Apabila usulan yang disampaikan tidak dapat tercover didalam anggaran yang ada di desa, maka akan disampaikan ke tingkat kecamatan dan kabupaten," ucapnya.

Segala usulan dari masyarakat terkait pembangunan yang tidak mampu didanai melalui APBDes, tetap diusulkannya melalui Musrenbang tingkat kecamatan.

"Saya berharap agar bisa terbantu melalui dana APBD Kabupaten dan Provinsi maupun APBN nantinya. Semoga yang menjadi prioritas akan segera terealisasi," harapnya.

Sementara, Camat Kuala Jambi, Taufiq Kurniawan S.STP mengatakan, melaui Musrenbangdes ini sekiranya masyarakat dapat bersinergi untuk mengusulkan apa yang akan dibangun, agar Pemerintahan Desa bisa memilih apa yang akan diselesaikan dan direalisasikan.

"Saya ingin BPD serta seluruh perangkat Desa Majelis Hidayar agar menyampaikan keseluruh masyarakat bahwa pembangunan itu ada setiap tahunnya," terangnya.

Camat juga menyampaikan, berdasarkan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Dana Desa  bukanlah serta-merta dipergunakan untuk rapat beton, bukan gedung serbaguna, melainkan juga untuk sumber daya manusia.

"Untuk diketahui, bukan berarti saya seperti ini mengesampingkan kebutuhan fisik. Artinya fisik berjalan terus, pembangunan infrastruktur juga terus berjalan," sebutnya.

"Saya juga berharap agar masyarakat semakin mengerti dan bisa lebih memahami apa itu pembangunan, apa itu pemberdayaan, sehingga gerak-gerik pemerintah tidak salah terus," harapnya.

Pada kesempatan itu, Kapolsek Kuala Jambi, IPDA Mulyono S.H juga mengatakan, bahwasanya Musrenbang Desa ini harus bisa seiring sejalan dengan kebijakan Pemerintah Pusat. Sebab, program yang pertama adalah meningkatkan sumber daya manusia yang unggul.

"Hal ini memang dianggap sepele, tapi setidaknya harus disekolahkan, bukan harus formal, tapi juga bisa informal, tutupnya.

Hadir pada acara tersebut Camat Kuala Jambi Taufiq Kurniawan. S. STP beserta istri, Kapolsek Kuala Jambi IPDA Mulyono, S.H beserta anggota, Kepala Puskesmas Kuala Jambi, Darma Satria, S. Farm, ME, Apt, Ketua BPD dan PKK Majelis Hidayah beserta anggota, seluruh Kepala Dusun dan Ketua RT se Desa Majelis Hidayah, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.(adk/adv)

Komentar Pembaca