Musrenbang Kelurahan Rano, Infrastruktur Jadi Usulan Prioritas

Musrenbang Kelurahan Rano, Infrastruktur Jadi Usulan Prioritas

SABAKUPDATE.COM, MUARASABAK - Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kelurahan Rano, Kecamatan Muara Sabak Barat, Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), yang digelar pada Senin (20/1), menjadikan infrastruktur sebagai prioritas.

Bertempat di aula gedung Kantor Kelurahan Rano, dihadiri Sekcam Muara Sabak Barat, Irwanuddin, S. Ag, Bhabinkamtibmas Kelurahan Rano, sejumlah RW, RT, Kepala Sekolah, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda serta tamu undangan yang hadir.

Lurah Rano, Dedy Darmawan, SSTP mengatakan, bahwa di Kelurahan Rano ini masih memprioritaskan masalah infrastruktur. Seperti pembangunan jalan rabat beton dan jalan aspal. "Yang jelas ada belasan usulan masyarakat terkait pembangunan jalan, dan itu akan dibawa ke tingkat Musrenbang kecamatan," sebutnya.

Selain itu, tidak menutup kemungkinan ada juga yang mengusulkan terkait pembangunan tanggul dan irigasi. Bidang pendidikan juga banyak yang diusulkan, sepeti pembangunan ruang kelas baru, rumah dinas guru dan lain-lain.

"Karang taruna juga ada yang mengusulkan pelatihan-pelatihan dan pembangunan lapangan Voly. Ada juga masyarakat yang mengusulkan jaring untuk tambak, bibit tanaman, tiang listrik dan sebagainya," terangnya.

Dia menerangkan, semua kegiatan yang menggunakan APBD tingkat I, APBD tingkat II dan APBN harus dilaksanakan Musrenbang, yang nantinya akan dituangkan ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM).

"Untuk itu, dibuat lah kegiatan Musrenbang, baik itu ditingkat kelurahan/desa, kecamatan, kabupaten, provinsi hingga ke tingkat nasional. Dan itu semua harus masuk dalam RPJM," katanya.

Dedy menjelaskan, saat ini sejak kelurahan telah mendapatkan Dana Kelurahan (DK) yang bersumber dari APBN, seluruh kelurahan bisa membangun diri untuk kebutuhan wilayah masing-masing.

"Bedanya dulu kita kelurahan mengikuti RPJM kecamatan, tapi sekarang karena kita ada DK, jadi kita ada RPJM kelurahan sendiri," ungkapnya.

Terkait dengan sejumlah RT yang tidak hadir dalam Musrenbang ini karena faktor cuaca, maka Dedy mengambil kebijakan akan menyiapkan hari khusus agar seluruh RT yang tidak hadir bisa menyampaikan usulannya, agar usulan yang ada di Kelurahan Rano ini bisa merata dan tersampaikan ke Musrenbang kecamatan.

"Saya berharap setiap pembangunan yang ada di Rano didukung oleh semua unsur. Baik itu masyarakatnya, Bhabinkamtibmas, Babinsa , Pemuda, Tokoh Masyarakat serta Tokoh Agama, agar bisa bersama-sama mengawasi pembangunan yang ada di Rano," harapnya.

Sementara, Sekcam Muara Sabak Barat, Irwanuddin, S.Ag mengungkapkan, bahwa infrastruktur itu memang penting, tapi yang tidak kalah penting lagi Sumber Daya Manusia (SDM) nya. Sebab, karena dari pembangunan juga dapat merentaskan kemiskinan di Kabupaten Tanjabtim.


"Kami pemerintah kecamatan tetap mendorong, bagaimana pembangunan di Tanjabtim ini akan tetap berkelanjutan," tuturnya.(adk/adv)

Komentar Pembaca