Musrenbangdes Bukit Tempurung, Ini yang Diusulkan Masyarakat

Musrenbangdes Bukit Tempurung, Ini yang Diusulkan Masyarakat

SABAKUPDATE.COM, MUARASABAK – Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) yang digelar Desa Bukit Tempurung, Kecamatan Mendahara Ulu, Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), berjalan sukses, Kamis (23/1/2020) pagi. Hasil rapat yang diselenggarakan di aula Kantor Desa Bukit Tempurung tersebut, telah direkap berdasarkan usulan per Dusun, yakni Dusun Suka Damai, Suka Mulya dan Pinang Mas.


   Usulan masyarakat Dusun Suka Damai, diantaranya pipanisasi air bersih, lampu jalan, bantuan kolam terpal dan bibit, pembangunan jalan rabat beton, rehab gedung madrasah, Bimtek Pegawai Syara' dan pembangunan gapura pemakaman.

Tak kalah pentingnya, Dusun Suka Mulya juga mengusulkan pembangunan dan usulan bantuan. Seperti pipanisasi air bersih, Hadrah (rebbana lengkap), bibit tanaman sayur per RT dan per Kelompok Tani, pendataan masyarakat miskin, pengerasan jalan Asri, Riduan dan Supandi serta anggaran kegiatan BKMT dan STQ kecamatan.

Sedangkan Dusun Pinang Mas mengusulkan pengerasan Jalan Pinang Mas, tiang listrik sepanjang jalan 5 Km, lampu jalan, Box Culvert 6 titik, pembangunan MCK 2 unit, pelatihan Pegawai Syara', mesin Handtracktor dan bantuan bibit ikan Lele, Gurami serta Nila.

Kepala Desa Bukit Tempurung, Mawadi Saragih dalam sambutannya mengatakan, bahwa Musrenbangdes ini dilaksanakan untuk menampung semua aspirasi masyarakat terkait apa-apa saja yang bisa dibantu oleh Pemerintah Daerah dalam hal pembangunan fisik maupun non fisik, termasuk pemberdayaan yang ada di lembaga di Desa Bukit Tempurung.

“Masukan, saran serta usulan yang diajukan untuk pembangunan Desa Bukit Tempurung untuk tahun 2021 sangat diperlukan. Maka dari itu, semua usulan akan ditampung dan kemudian akan dibawa ke Musrenbang tingkat kecamatan,” katanya.

Disamping pembangunan fisik, Mawadi Saragih juga ingin memprioritaskan terkait pemberdayaan, contohnya Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). BUMDes dibenarkan bekerjasama dengan perusahan sebagai pihak ketiga dalam hal pemberdayaan.

“Harapannya, mudah-mudahan kerjasama yang akan dilakukan perusahaan nantinya dapat bermanfaat bagi masyarakat,” harapnya.

“Dan apa-apa saja yang diusulkan pada Musrenbangdes tahun ini, bisa terealisasi pada tahun 2021 mendatang,” harapnya lagi.

Sementara Camat Mendahara Ulu, Sarjuna menyampaikan, Musrenbang ini dilaksanakan untuk perencanaan pembangunan pada tahun 2021 mendatang melalui penjaringan aspirasi masyarakat sebagai acuan pemerintah dalam pembangunan di Desa Bukit Tempurung. Kegiatan ini adalah musyawarah forum tahunan para pemangku kepentingan ditingkat desa untuk mendapatkan masukan mengenai prioritas pembangunan berdasarkan usulan dari masyarakat.

“Usulan ini penting sebagai perencanaan pembangunan di desa yang akan dibawa ke Musrenbang tingkat kecamatan, dan diharapkan bisa menjadi prioritas usulan di kecamatan,” ungkapnya.(mjs/adv)

Komentar Pembaca