Senin, 27 Januari 2020

Antisipasi Virus Corona, Dinas Kesehatan Tanjabtim Perketat Pengasawan di Pelabuhan

SABAKUPDATE.COM, MUARASABAK - Terkait wabah virus Corona yang menjadi perhatian Pemerintah Pusat maupun Provinsi Jambi, Dinas Kesehatan Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) menyebutkan di Bumi Sepucuk Nipah Serumpun Nibung masih aman.

Namun walaupun masih aman, Pemerintah Kabupaten Tanjabtim sendiri turut mewaspadai mauknya virus yang diduga berasal dari China tersebut. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Tanjabtim, Ernawati melalui Kabid P2TP2, Jumiati saat dikonfirmasi sabakupdate.com.

   Dikatakannya, untuk Tanjabtim sendiri sejauh ini masih masuk kategori aman dari wabah virus Corona tersebut.

"Sejauh ini untuk di Kabupaten Tanjabtim belum ada laporan terkait vurus Corona. Kalau bisa jangan sampai ada di Tanjabtim," katanya.

Dijelaskannya, virus Corona tersebut dapat diketahui dengan beberapa ciri. Diantaranya gejala virus tersebut hampir sama dengan gejala Ispa dan flu. Namun untuk dapat mengetahui perbedaannya, tentu harus melalui cek laboratorium dan pemeriksaan lebih lanjut.

Untuk antisipasi, lanjutnya, pihaknya bekerja sama dengan pihak kesehatan setempat disetiap pelabuhan. Dimana mereka memiliki tugas untuk memeriksa penumpang atau pendatang yang baru saja datang, yang memiliki suhu tinggi dari perjalanan jauh.

"Kita akan melakukan pemeriksaan terhadap penumpang yang baru datang di setiap pelabuhan. Jadi petugas harus ada di lokasi," ungkapnya.

Untuk tenaga kesehatan pelabuhan sendiri di Kabupaten Tanjabtim tersebar di Dua kecamatan, yakni di Kecamatan Muara Sabak Timur dan Kecamatan Nipah Panjang.

"Sejauh ini dari dua kecamatan tersebut belum ada laporan terkait virus Corona," jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga mengeluarkan surat edaran setiap Puskesmas yang ada di Tanjabtim. Pihaknya juga sudah mendapatkan surat edaran resmi dari Kemenkes terkait menanggapi dan antisipasi virus tersebut.

Dirinya juga menghimbau untuk masyarakat yang baru pulang dari luar untuk memeriksakan kesehatan di Puskesmas. Jika terjangkit demam atau flu meskipun hanya gejala ringan, agar dapat terdeteksi sejak dini.


"Untuk diketahui virus tersebut (Corona) menular melalui pernafasan. Namun masyarakat diharapkan tetap tenang, dan tetap menjaga kebersihan dan pola hidup sehat," pintanya.(mln)