2.042 Siswa SMP di Tanjabtim Akan Ikuti UNBK

2.042 Siswa SMP di Tanjabtim Akan Ikuti UNBK

SABAKUPDATE.COM, MUARASABAK - Sebanyak 2.042 siswa di 33 Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) akan melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

   Kepala Dinas Pendidikan Tanjabtim, Drs. Junaedi Rahmat mengatakan, bahwa pelaksanaan UNBK akan digelar selama Empat hari dari tanggal 20 s.d 23 April 2020. Sedangkan pelaksanaan simulasi UNBK dan UNKP akan dilaksanakan selama Empat hari dari tanggal 2 s.d 5 Maret 2020.

"Semisalnya nanti ada siswa yang tidak bisa mengikuti ujian saat UNBK pada tanggal 20 s.d 23 April 2020, maka siswa tersebut bisa mengikuti ujian susulan dari tanggal 27 s.d 28 April 2020. Namun dengan alasan yang tepat," jelasnya.

Junaedi menjelaskan, dari 33 SMP tersebut, 6 sekolah diantaranya pelaksaan UNBK digabung dengan sekolah lainnya. Seperti SMP Satap 10 dan Satap 11 gabung di SMPN 22 Kecamatan Berbak. Kemudian SMP Satap 8 gabung di SMPN 20 Kecamatan Mendahara. Dan SMP Satap 5 gabung di SMPN 6 Kecamatan Sadu.

"Sementara ada Dua SMP yang menumpang, yakni SMPN 10 menumpang di SMK 4 Kecamatan Nipah Panjang dan SMP Satap 6  menumpang di SMA 4 Kecamatan Dendang," ungkapnya.

Junaedi merincikan, ada sebanyak 995 laki-laki dan 1047 perempuan yang akan ikut UNBK. Sedangkan untuk Ujian Nasional Kerta Pensil (UNKP) sebanyak 317 siswa, terdiri dari 145 laki-laki dan 172 perempuan.

"Sebenarnya di Tanjabtim sendiri terdapat 45 SMP. Akan tetapi 12 SMP lainnya tahun ini tidak melaksanakan UNBK, hanya pelaksanaan UNK saja," sebutnya.

Adapun yang sering menjadi kendala dalam pelaksanaan UNBK ini, lanjutnya, fasilitas seperti pemadaman listrik dan kestabilan jaringan internet di sekolah. Akan tetapi, untuk menyiasati hal tersebut, pihak Dinas Pendidikan telah berkoordinasi dan menyurati pihak PLN agar pada pelaksanaan UNBK lokasi yang menjadi titik UNBK agar tidak terjadi pemadaman listrik.

"Selain itu kami juga telah menghimbau kepada seluruh pihak sekolah yang melaksanakan UNBK untuk kiranya dapat menyediakan Genset, guna antisipasi terkait pemadaman listrik karena faktor alam," himbaunya.

"Kita juga telah berkoordinasi dengan pihak Telkom guna menjaga kestabilan jaringan internet selama pelaksanaan UNBK. Nantinya juga akan ditempatkan petugas Proktor dan Teknis di lokasi sekolah yang melaksanakan UNBK," sambungnya.(mln)

Komentar Pembaca