Camat Kuala Jambi Kroscek Penerima PKH di Teluk Majelis

Camat Kuala Jambi Kroscek Penerima PKH di Teluk Majelis

SABAKUPDATE.COM, MUARASABAK - Camat Kuala Jambi, Taufiq Kurniawan, S.STP didampingi Pemerintah Desa Teluk Majelis turun langsung mengkroscek rumah warga Desa Teluk Majelis yang menerima manfaat Bantuan Sosial (Bansos) Program Keluarga Harapan (PKH), Rabu (26/2/2020) siang.

   Tujuan kunjungan Camat Kuala Jambi kali ini untuk menanyakan manfaat bantuan sosial PKH tersebut serta melihat kondisi masyarakat. Disamping itu, menindak lanjuti laporan warga terkait pencabutan stiker yang telah dipasang pendamping PKH.

Disela-disela kunjungannya, Camat yang pernah menjadi salah satu Kabid di Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa itu menilai, bantuan PKH yang telah diterima warga benar-benar layak dan telah dirasakan manfaatnya.

"Setelah kita kroscek, warga yang dinilai tidak layak mendapatkan bantuan PKH ternyata layak menerima bantuan itu. Berdasarkan laporan warga rumahnya dinilai bagus itu wajar-wajar saja, karena warga yang dimaksud mendapatkan bedah rumah. Kalau seandainya rumah itu bagus tidak melalui bedah rumah bisa dipertanyakan," terangnya.

Camat juga menekankan kepada penerima PKH, agar tidak serta merta melepas stiker PKH yang telah dipasang oleh pihak pendamping.

"Apabila stiker PKH yang sudah dipasang lalu dibuka, maka kita coret namanya dari data penerima manfaat PKH," tegasnya.

Pada kesempatan itu, Camat juga memberikan sedikit pemahaman kepada warga yang menerima bantuan PKH, bahwa berdasarkan juknis dan aturan dari pemerintah, bantuan PKH itu setiap 6 tahun akan dievaluasi. Sementara, di Kecamatan Kuala Jambi terhitung dari tahun 2014 silam.

"Jadi, di tahun 2020 ini di Kuala Jambi tahun terakhir, maka penerima PKH akan kembali dievaluasi. Kedepannya, tinggal kita tunggu bagaimana juknis dan aturannya lagi dari atas," jelas Camat.

Sementara, Abu Bakar. Hs, warga Desa Teluk Majelis mengatakan, dengan adanya bantuan sosial PKH tersebut sangat membantu keluarganya untuk kebutuhan pendidikan. Dia juga mengapresiasi kunjungan Camat Kuala Jambi yang turun langsung mengkroscek warga-warga yang mendapatkan bantuan sosial PKH tersebut.

"Sangat membantu perekonomian kami dan membantu kebutuhan pendidikan anak kami. Dan kami memang tidak punya harta, cuma anak harta yang kami punya," bebernya.

"Saya mewakili masyarakat sangat senang sekali Pak Camat turun langsung meninjau kesini. Kepedulian Pak Camat kepada kami masyarakat sangat lah besar," tutupnya.(adk/adv)

Komentar Pembaca