Senin, 24 Februari 2020

Dapat Bantuan dari PetroChina, Tong TPS Akan Disebar Dibeberapa Titik

SABAKUPDATE.COM, MUARASABAK - Guna mengatasi permasalahan sampah di Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), Dinas Lingkungan Hidup (DLH) akan menyediakan tong Tempat Pembuangan Sampah (TPS).

Tong sampah tersebut, bantuan dari Corporate Social Responsibility (CSR) dari PetroChina. Sedikitnya ada sebanyak Delapan tong sampah yang tersebar di beberapa titik dalam Kabupaten Tanjabtim.

Kepala DLH Tanjabtim, Gustin Wahyudi melalui Kabid Pengolahan Sampah dan Limbah B3, Alfajri mengatakan, Delapan tong sampah ini baru tersedia di Dua kecamatan, yaitu Kecamatan Muara Sabak Barat dan Geragai.

    Usulan penyediaan tong TPS ini telah dilakukan pada tahun 2019 lalu, dan di tahun 2020 telah terealisasi. Sedangkan di tahun 2020 ini, pihaknya kembali mengusulkan dua paket pengadaan berupa alat pengolahan sampah, tong kontainer sampah yang sifatnya dapat dipindah-pindahkan.

"Keberadaan tong kontainer sampah ini sangat diperlukan, sebab bisa dipindah-pindahkan. Apalagi di Kabupaten Tanjabtim banyak pasar yang dibuka pada hari - hari tertentu, jadi kita bisa meletakkan tong kontainer sampah ini di lokasi pasar itu, seperti di pasar Senin, pasar Rabu atau pasar Kamis," jelasnya.

Untuk di tahun 2020 ini, pihak DLH berharap mendapatkan sebanyak 10 tong kontainer sampah dan 1 TPS3R dari bantuan CSR, guna mengatasi persoalan sampah yang ada di Tanjabtim.

"Saat ini kesadaran masyarakat dan peran serta masyarakat sangat dibutuhkan untuk menjaga kebersihan di kabupaten kita ini. Percuma kalau banyak tong sampah yang sudah dibuat, tetapi masyarakatnya masih juga membuang sampah sembarangan," ujarnya.

Permasalahan di lapangan, masyarakat kerap masih tidak mau membuang sampah ke dalam TPS yang sudah disediakan. Masyarakat membuat sampah disamping tong TPS, dengan anggapan petugas akan membersihkannya.

"Hal itu sungguh sangat disayangkan, sebab kesadaran dari masyarakat terlihat belum maksimal untuk saling menjaga kebersihan," ungkapnya.

Selain itu, dirinya juga menjelaskan, keberadaan tong TPS ini sebelumnya telah disepakati oleh beberapa pihak, diantaranya pihak kelurahan dan kecamatan, agar nantinya keberadaan tong TPS ini kegunaannya bisa maksimal.

"Kami telah berkoordinasi dengan pihak kelurahan dan kecamatan, dimana saja lokasi yang pas untuk diletakkan tong TPS ini. Sebab pihak kelurahan dan kecamatan tentu mengetahui persis titik atau lokasi mana saja yang sering menjadi tempat masyarakat membuang sampah,"jelasnya.

"Dengan begitu, diharapkan keberadaan tong TPS ini bisa berfungsi secara maksimal dan masyarakat tidak lagi membuang sampah di tempat - tempat yang bukan semestinya," sambungnya.

Sementara itu, Suratno, warga Kelurahan Talang Babat mengatakan, dengan adanya tong TPS di kelurahannya ini berdampak positif bagi kebersihan di sekitar wilayahnya tersebut.


"Sekarang kondisi wilayah kami sudah mulai terjaga dengan adanya tong TPS ini. Tidak ada lagi sampah yang berserakan dan aroma busuk yang ditimbulkan dari sampah - sampah yang dulu berserakan mulai tidak begitu terasa lagi," tukasnya.(mln)