Harga Cabai Merah dan Kering Naik Dua Kali Lipat

Harga Cabai Merah dan Kering Naik Dua Kali Lipat

SABAKUPDATE.COM, MUARASABAK - Kebutuhan bahan pokok di pasar tradisional mulai merangkak naik. Seperti harga Cabai merah dan Cabai kering yang naik Dua kali lipat dari harga sebelumnya.

    Berdarasarkan pantauan di Pasar Tradisional, harga Cabai Merah yang sebelumnya hanya Rp 25 ribu sampai dengan Rp 30 ribu per kilogram, kini naik menjadi Rp 60 ribu per kilogram. Sedangkan harga Cabai kering yang sebelumnya hanya Rp 50 ribu, saat ini menjadi Rp 100 ribu per kilogram.

Vanila, salah satu pedagang sayur mayur di Pasar Tradisional Muara Sabak Timur mengatakan, harga Cabai merah sendiri mengalami kenaikan terbilang mengejutkan.

"Hari sebelumnya harga Cabai merah berada di angka Rp 30 ribu per kg nya, namun sejak pagi ini harga cabe merah naik menjadi Rp 60 ribu per kilogram," ujarnya.

Selain itu juga, lanjut Vanila, harga Cabai rawit juga mengalami kenaikan. Namun kenaikan harganya tidak signifikan, yakni dari Rp 30 ribu sampai Rp 35 ribu per kilogram menjadi Rp 40 ribu per kilogram.

Menurutnya, dengan kenaikan harga Cabai saat ini berimbas pada daya beli masyarakat yang sedikit berkurang, sebab kenaikan harga Cabai merah ini secara tiba-tiba.

"Terkait penyebab naiknya harga Cabai ini kita belum mengetahuinya," ucapnya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Idris melalui Kasi Harga Barang, Sukarman ketika dikonfirmasi terkait kenaikan harga Cabai membenarkan.

"Untuk solusinya, Dinas Ketahanan Pangan masih menunggu kebijakan Pusat. Kita juga akan terus berkoordinasi dengan Pusat, dikhawatirkan harga Cabai akan kembali naik lagi," ungkapnya.

"Belum lagi bila nanti stok dari petani ataupun dari agen habis, lonjakan tidak dapat dihindari," tukasnya.(mln)

Komentar Pembaca