Hasil Uji Labor, Beras yang Diisukan Plastik Ternyata Asli

Hasil Uji Labor, Beras yang Diisukan Plastik Ternyata Asli

SABAKUPDATE.COM, MUARASABAK - Hasil uji laboratorium sample dugaan beras plastik yang sempat heboh dan viral di Kecamatan Nipah Panjang, Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), beberapa waktu lalu, telah keluar. Ternyata beras yang diisukan tersebut merupakan beras asli dan dan tidak mengandung plastik.

Hal ini dikatakan langsung oleh Sekda Tanjabtim, Sapril, S.Ip. Ia menceritakan,  menindaklanjuti hasil investigasi Satgas Pangan Kabupaten Tanjabtim, UPTD Balai Pengawasan Mutu dan Keamanan Pangan (BPMKP) Dinas Ketahanan Pang Provinsi Jambi melaksanakan cara uji secara cepat tentang pembuktian makanan dan minuman berdasarkan Standar Nasional Indonesia SNI 01-2891-1992.

"Untuk membuktikan bahwa Beras Merk Ikan dan Bulan adalah termasuk Beras asli atau palsu telah diadakan Uji Amilum dengan menggunakan reagen larutan Lugol," katanya.

Dalam beras asli akan terdapat kandungan Amilum. Indikator kandungan amilum pada beras akan ditunjukkan oleh warna Biru gelap jika tepung beras ditetesi oleh larutan Lugol.

"Dari hasil uji yang telah dilaksanakan oleh Petugas UPTD BPMKP pada tanggal 3 Februari 2020 lalu, terbukti bahwa beras Ikan dan Bulan yang diblender menjadi tepung, ditetesi larutan Lugol menununjukkan warna Biru gelap," terangnya.

"Kesimpulannya, dari hasil cara uji makanan dan minuman terhadap contoh Beras Hasil Investigasi Satgas Pangan terbukti bukan beras Palsu," tambahnya.

Secara kasat mata, tambah Sekda, standar untuk menentukan beras plastik atau bukan itu dapat dilihat dengan cara memasukkan ke dalam air. Jika tenggelam berarti beras tersebut tidak mengandung plastik.

"Dan saat kita cek, ternyata beras yang diduga plastik tersebut tenggelam dan warnanya juga tidak bening serta agak kusam seperti warna beras lainnya," lanjutnya.(mln)

Komentar Pembaca