Karang Taruna Kelurahan Tanjung Solok Terbentuk, Ini Susunan Pengurusnya

Karang Taruna Kelurahan Tanjung Solok Terbentuk, Ini Susunan Pengurusnya

SABAKUPDATE.COM, MUARASABAK - Musyawarah pemilihan pengurus Karang Taruna Tanjung Solok (KTTS) yang baru, sukses digelar di kediaman Bapak Syafrudin, Sabtu (15/2/2020) malam. Musyawarah yang dipimpin langsung oleh Moderator M. Ridho tersebut, dihadiri Sekretaris KTTS yang lama, Dedi Saputra, AN dan seluruh pemuda Kelurahan Tanjung Solok.

Sekretaris KTTS yang lama, Dedi Saputra, AN mengatakan, Karang Taruna sebagai organisasi sosial kemasyarakatan memiliki peran sebagai wadah dan sarana pengembangan anggota masyarakat yang tumbuh dan berkembang atas kesadaran dan tangung jawab sosial yang dipelopori oleh pemuda-pemudi di kelurahan/desa untuk kesejahteraan sosial.

"Organisasi Karang Taruna memiliki urgensi yang penting dalam mewadahi, memperdayakan dan mengatasi berbagai isu sosial yang ada di kelurahan/desa, terlebih menyuseskan program pemerintah terkait pemuda dan olahraga pada tahun 2017," katanya.

    Pemilihan Pengurus Karang Taruna dilakukan berdasarkan musyawarah mufakat yang merupakan asas pemilihan di Indonesia dan kearifan lokal. Sehingga atas musyawarah tersebut, Kurniawan terpilih sebagai Ketua KTTS yang baru. Selanjutnya dilakukan pemilihan pengurus lainnya, seperti Wakil Ketua, Sekertaris dan Bendahara yang dipimpin oleh Ketua yang baru.

Ketua Karang Taruna Tanjung Solok (KTTS), Kurniawan menuturkan, pembentukan KTTS ini merupakan langkah awal dalam mengajak generasi muda untuk membina pemuda-pemudi, membagun dan membina SDM generasi muda di Kelurahan Tanjung Solok, agar terciptanya generasi muda tangguh, sopan santun, kreatif dan bekualitas dalam bermasyarakat.

"Pedoman pembentukan Karang Taruna yang lain perlu dipersiapkan lebih detail lagi sebelum disosialisasikan," sebutnya.

Setelah menyusun pengurusan nantinya, lanjutnya, KTTS akan lanjut dengan menyusun AD/ART, rencana program kerja serta tugas KTTS. Saat ini Visi dan Misi KTTS sudah selesai disusun.

"Setelah semua administrasi siap, maka kita akan atur jadwal pelantikan," tutupnya.

Sementara, Lurah Tanjung Solok, Rasyid saat dikonfirmasi terkait pembentukan KTTS yang baru, sangat mendukung dan apresiasi. Semoga dengan adanya pengurus yang baru ini bisa membantu pemerintah, sehingga program pemerintah di Kelurahan Tanjung Solok ini berjalan dengan lancar dan sukses.

"Organisasi pemuda ini dibentuk bukan untuk melawan pemerintah. Namun dalam hal membantu pemerintah untuk pembangunan di Kelurahan Tanjung Solok khususnya, dan Kecamatan Kuala Jambi umumnya," harapnya.(mln)

Adapun Susunan Pengurus Karang Taruna Tanjung Solok (KTTS) sebagai berikut:

Pembina :
1. Syarkawi Atik (Ketua RW)
2. Syafrudin
3. Dedi Saputra
4. Usman Semang
5. Indra
6. Aidil Mulia Harahaf

Ketua : Kurniawan
Wakil Ketua : Fauzan
Sekertaris I: Ayu
Sekertaris II : Roni
Bendahara I: Amoy
Bendahara II : Tiar

Humas :
1. Enja
2. Reza
3. Jupri
4. Hamsa

Visi

KTTS Mewujudkan Tali Persaudaraan Antar Pemuda-Pemudi yang Baik untuk Meningkatkan Partisipasi Pemuda dalam Kegiatan-Kegiatan yang bermanfaat di Masyarakat dan Menciptakan Generasi Muda Tangguh, Sopan Santun, Kreatif dan Berkualitas dalam Bermasyarakat.

Misi

1. Mempererat Tali Persaudaraan Antar Pemuda-Pemudi di Kelurahan Tanjung Solok dengan Mengadakan Pertemuan Rutin
2. Mengafakan Kegiatan-Kegiatan di Setiap Hari Besar
3. Turut Serta Membantu dalam Pengabdian Masyarakat
4. Menciptakan Pemuda-Pemudi yang Kreatif, Aktif, Sopan Santun dan Berkarakter
5. Tutut Membantu dalam Menjaga Kebersihan dan Keindahan Lingkungan
6. Menjadikan Karang Taruna Mitra Remaja Sebagai Wadah Pelatihan Berorganisasi dan Melibatkan Seluruh Pemuda-Pemudi

Komentar Pembaca