KPU Sambut Kedatangan Kandidat Romi-Robby Bakal Calon Bupati Tanjabtim

KPU Sambut Kedatangan Kandidat Romi-Robby Bakal Calon Bupati Tanjabtim

SABAKUPDATE.COM, MUARASABAK - Ketua beserta Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), menyambut kedatangan Kandidat Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati, H. Romi Hariyanto, SE dan H. Robby Nahliyansyah, SH, Jumat (21/2/2020) pagi.

Kedatangan kandidat tersebut dalam rangka menyerahkan berkas syarat dukungan perseorangan Romi-Robby sebagai calon yang maju jalur independen.

   Meski diguyur hujan, penyerahan berkas calon perseorangan Kandidat Romi-Robby tersebut berjalan lancar dan tertib. Romi-Robby yang diantar ribuan pendukung tersebut, menyerahkan berkas sebanyak 30.203 dukungan foto copy dan surat pernyataan masyarakat.

Ketua KPU Tanjabtim, Nurkholis mengatakan, yang diinput dan berkas yang diserahkan bakal calon perseorangan H. Romi Hariyanto dan H. Robby Nahliyansyah telah dilakukan verifikasi kelengakapan oleh petugas KPU Tanjabtim.

"Surat dukungan dalam formulir B1, syarat minimal dukungan calon perseorangan di pemilihan serentak Pilkada 2020, yakni 10% persen dari jumlah DPT terkahir, yakni 168.575. Maka syarat minimal dukungan harus 168.858," terangnya.

Setelah dihitung jumlahnya dan dinyatakan lengkap, selanjuntya akan masuk ke tahapan verifikasi administrasi. Verifikasi administrasi ini dimulai pada 27 Februari s.d 25 Maret 2020.

"Disini kami akan melihat dan meneliti administrasi, apakah ada dukungan yang dilarang mendukung, seperti PNS, TNI, Polri dan Perangkat Desa," jelasnya.

Ditambahkannya, jika sudah diteliti administarsi, selanjutnya tahapannya adalah verifikasi faktual. KPU akan menyensus dukungan calon perseorangan berdasarkan tahapan dalam Perkpu Nomor 16 tahun 2019 yang mulai pada tanggal 10 s.d 18 Mei 2020.

"Sedangkan untuk pendaftaran dimulai pada tanggal 16 s.d 18 Juni 2020. Pendaftaran tersebut berbarengan dengan calon yang diusung oleh partai politik," tutupnya.

Romi saat diwawancarai sejumlah awak Media mengatakan, surat dukungan sukarela yang diterima oleh timnya keseluruhan itu mencapai sebanyak 82 ribu lebih. Namun dengan keterbatasan waktu dan sistem, sehingga syarat dukungan yang diserahkan ke KPU hanya sebanyak 30.203 dukungan.

"Keputusan saya maju jalur independen sudah final. Hal itu setelah saya berkonsultasi dengan sejumlah tokoh-tokoh dan para tim R2," katanya.(mln/adv)

Komentar Pembaca