Jumat, 28 Februari 2020

Lanjutkan Pembangunan Jembatan Nipah-Sadu, Tanjabtim Anggarkan Rp 51 M Tahun Ini

SABAKUPDATE.COM, MUARASABAK - Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) akan melanjutkan pembangunan jembatan penghubung antara Kecamatan Nipah Panjang ke Kecamatan Sadu tahun 2020 ini.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Tanjabtim, Ali Fachrudin mengatakan, pembangunan jembatan tersebut direncanakan dilaksanakan pada tahun 2020-2021, dengan mekanisme kontrak tahun jamak.

"Panjang jembatan 467 meter. Total dana yang diperlukan sebesar Rp 148,6 Miliar. Jembatan Nipah-Sadu itu dibangun secara bertahap pada tahun 2020 dan 2021 mendatang," katanya.

Sementara, untuk pembangunan di tahun 2020 ini, Pemkab Tanjabtim hanya menganggarkan sebesar Rp 51 Miliar melalui APBD Tanjabtim.

"Untuk sisanya akan dituntaskan pada tahun 2021 mendatang dengan dana sebesar Rp 97,6 Miliar," kata Ali saat dikonfirmasi di ruang kerjanya.

Sampai saat ini, jelas Ali, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU-PR) Tanjabtim tengah mempersiapkan segala sesuatunya untuk pelaksanaan tender lelang.

"Direncanakan di bulan Februari atau Maret ini tender fisik sudah bisa dilaksanakan. Karena revisi sudah kita laksanakan pada tahun 2019 lalu di anggaran perubahan," jelasnya.

Karena pembangunan jembatan Nipah-Sadu ini merupakan program yang sudah tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM), maka harus dianggarkan dalam pelaksanaan pembangunannya.

"Yang namanya anggaran memang selalu kurang. Namun karena pembangunannya sudah masuk dalam RPJM, maka harus dianggarkan," tukasnya.(mln)