Rabu, 19 Februari 2020

Secara Bertahap, Tiang Listrik dari Kayu di Tanjabtim Akan Diganti

SABAKUPDATE.COM, MUARASABAK - Masih banyaknya tiang listrik dari kayu di beberapa wilayah dalam Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) secara bertahap akan diganti oleh pihak PLN Muarasabak. 

Namun dari sekian banyak tiang kayu pihak PLN hanya akan mengganti tiang yang memang sudah tidak layak. Sedangkan untuk tiang listrik dari kayu yang dianggap masih layak tidak akan diganti oleh pihak PLN.

    Keberadaan tiang listrik dari kayu ini dapat di jumpai di beberapa wilayah seperti Kecamatan Kuala Jambi dan Mendahara. Keberadaan tiang listrik kayu ini pula sering dikeluhkan oleh warga, karena selain keropos dimakan usia, tiang jayu juga dianggap cukup membahayakan.

Menanggapi hal ini Manager PLN ULP Muarasabak, Helmi Lazuardi mengatakan, memang untuk wilayah Tanjabtim masih banyak terdapat tiang listrik dari kayu. Pihaknya juga mengaku telah mendata disejumlah kecamatan.

"Memang masih ada. Dan kami akan mengganti, namun tidak semuanya, hanya yang tidak layak saja," katanya.

Dikatakannya, pada dasarnya tiang listrik dari kayu tidak lah berbahaya, jika kondisi tiangnya masih layak. Namun karena di wilayah Tanjabtim banyak tiang listrik dari kayu sudah keropos dan berpotensi terjadi gangguan, maka pihaknya akan segera melakukan pergantian.

"Termasuk tiang-tiang yang krusial akan kita ganti," jelasnya.

Sementara itu, terkait dengan beberapa wilayah desa dan dusun yang belum terakhir listrik, pihaknya akan tetap melakukan pemasangan.

"Kita survei dulu, tetapi target kita bersama Pemerintah Daerah khususnya di wilayah Tanjabtim ini bisa teraliri listrik seluruhnya.

Untuk diketahui, bukan hanya desa dan dusun yang akan dialiri listrik. Pulau terluar yang belum terjangkau penerangan juga akan masuk dalam survei pihak PLN.


"Kalau untuk Pulau ada beberapa opsi untuk jaringan. Bisa melalui tower atau jalur bawah laut. Dan ini butuh proses," tutupnya.(mln)