Waspada Virus Corona, Petani Diminta Gunakan Benih Bersertifikasi

Waspada Virus Corona, Petani Diminta Gunakan Benih Bersertifikasi

SABAKUPDATE.COM, MUARASABAK – Menindak lanjuti Surat Edaran Kementerian Pertanian terhadap kewaspadaan dini terhadap infeksi Novel Corona Virus, maka petani di Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) diminta untuk menggunakan benih yang berlabel dan bersertifikasi.

"Indikasinya memang ada. Virus tertular melalui benih cabai," kata Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Tanjabtim, Sunarno.

Namun diakuinya, selama ini petani di Tanjabtim selalu menggunakan benih yang berlabel dan bersertifikasi, baik itu benih bantuan pemerintah maupun benih yang didapat dari petani.

"Kalau benih yang kita gunakan sudah berlabel dan sudah teruji dan prosesnya sesuai dengan standar," ujarnya.

Sejauh ini pula lanjutnya, untuk wilayah Tanjabtim sendiri belum ada laporan dan temuan benih dari luar. Sehingga benih dan hasil panennya di jamin aman untuk di konsumsi.

"Belum ada temuan, jadi Tanjabtim masih aman," ucapnya.

Tidak hanya dengan himbauan, untuk pencegahan dini terhadap virus Corona, pihaknya juga telah mewanti-wanti kepada setiap penyuluh lapangan agar tidak henti-hentinya memberikan pemahaman kepada para petani untuk menggunakan bibit yang berlabel. Sehingga yang dihasil kan mutunya dapat terjamin untuk di konsumsi.

"Jauh sebelum adanya virus ini kita selalu minta petani gunakan benih berlabel, sehingga hasilnya dapat dipertanggung jawabkan," tutupnya.(mln)

Komentar Pembaca