Amankan Pilkada Tanjabtim, Dandim 0419/Tanjab Wacanakan Penambahan Koramil

Amankan Pilkada Tanjabtim, Dandim 0419/Tanjab Wacanakan Penambahan Koramil

SABAKUPDATE.COM, MUARASABAK - Dalam menghadapi Pemilihan Serentak tahun 2020 untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta calon Bupati dan Wakil Bupati, Dandim 0419/Tanjab tengah mempersiapkan terkait pengamanan.

   Hal itu dikatakan Dandim 0419/Tanjab, Letkol Inf. Erwan Susanto, S.IP. Dia menyebutkan, saat ini Dirinya terus berkoordinasi dengan pihak Polres Tanjabtim dan pihak terkait lainnya dalam mempersiapkan pengamanan untuk pelaksanaan Pilkada mendatang.

"Sampai saat ini konflik Pilkada belum ada. Kami masih mengikuti ritme demokrasi saat ini. Kita juga menginginkan situasi Pilkada di Tanjabtim kondusif, itu intinya. Silahkan berpesta tetapi tidak ada konflik," katanya.

Dalam persiapan pengaman Pilkada, Dandim 0429/Tanjab berencana menambah Koramil. Karena melihat area Tanjabtim yang begitu luas, dan saat ini juga di Tanjabtim baru ada Dua Koramil saja.

Dandim menjelaskan, pihak beserta pihak terkait lainnya akan menyusun suatu program tentabf pembangunan Koramil baru. Itu akan lebih efektif ketika sektor - sektor sudah terbagi, dan bekerja pun akan lebih muda.

"Bayangkan sekarang, satu orang Babinsa itu bisa saja menangani Tiga desa, itu capeknya gimana. Sudah mengurusi masyarakat, ditambah dengan tugas pokok, belum lagi dihadapkan dengan kemunculan musibah seperti Karhutla. Mereka berjibaku, dari pagi, siang dan malam. Terkadang disaat kita tidur, mereka terbangun untuk mengecek Hot Spot yang ada," jelasnya.

Untuk posisi Koramil baru itu nantinya, pihaknya akan mengkaji ulang, karena harus punya prioritas-prioritas yang memadai, berkaitan dengan situasi wilayah dan keberadaan masyarakat.

"Untuk lokasi lahan masih bisa kita koordinasikan dengan pihak Pemerintah Daerah," terangnya.

Untuk diketahui, jumlah Babinsa yang ada di Tanjabtim sekitar 60-70 orang. Dan menurut Dandim jumlah itu belum efektif, karena melihat dari jumlah desa dan kelurahan yang ada di Tanjabtim sebanyak 93.(mln)

Komentar Pembaca