Empat Hari Api Bakar Lahan Gambut di Air Hitam Laut

Empat Hari Api Bakar Lahan Gambut di Air Hitam Laut

SABAKUPDATE.COM, MUARASABAK - Musim kemarau baru saja berlalu, namun Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) masih terjadi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Sejak Empat hari lahan gambut yang berada di Desa Air Hitam Laut, Kecamatan Sadu terbakar. Sehingga petugas di lapangan  kesulitan dalam memadamkan api.

   "Api sempat merembet api berhasil dijinakkan oleh tim gabungan. Saat ini tim masih berada di lokasi di Desa Air Hitam Laut," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanjabtim, Jakfar melalui Kabid Kesiapsiagaan Bencana, Rahmat Hidayat kepada sabakupdate.com, Selasa (17/3/2020).

Diakuinya, bahwa saat ini Dirinya secara pasti belum mengantongi data, mengingat di TKP masih fokus dalam proses pemadaman dan pendinginan. Setelah itu baru nanti pengukuran dilakukan dan diketahui luasannya.


"Kita berharap tidak ada lagi titik api yang muncul, mengingat lokasi kebakaran juga berada di wilayah gambut yang masuk kategori sulit," tambahnya.

Sementara itu, Camat Sadu, Frans, saat dikonfirmasi sabakupdate.com menuturkan, dalam penaganan kebakaran lahan kosong tersebut, tim gabungan TNI, Polri, Manggala Agni, BPBD beserta masyarakat cukup kesulitan memadamkan api. Karena beberapa hari terakhir hembusan angin cukup kencang.

Hingga saat ini pihaknya belum mengetahui ataupun menerima pemberitahuan, terkait penyebab dan asal mula titik api muncul. Karena saat ini masih dalam proses penyelidikan oleh pihak kepolisian.

"Yang jelas perkembangan terbaru kondisi di lapangan proses pendinginan, fokus pada titik asap tebal yang kemungkinan akan kembali menimbulkan api," tukasnya.(mln)

Komentar Pembaca