Exspose Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Kabupaten Tanjabtim Sukses Digelar

Exspose Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Kabupaten Tanjabtim Sukses Digelar

SABAKUPDATE.COM, MUARASABAK - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) menggelar Exspose Lomba Desa dan Kelurahan tingkat kabupaten tahun 2020,  di aula Kantor Dinas PMD Tanjabtim, Selasa (10/3) siang.

Kegiatan tersebut diikuti 1 desa dan 1 kelurahan dimasing-masing 11 kecamatan dalam Kabupaten Tanjabtim. Ada 10 desa dan 11 kelurahan yang menjadi peserta. Untuk perwakilan Kecamatan Rantau Rasau yakni Desa Bangun Karya dan Kelurahan Bandar Jaya.

Perwakilan Kecamatan Kuala Jambi Desa Teluk Majelis dan Kelurahan Kampung Laut. Kecamatan Mendahara Ulu Desa Sungai Toman dan Kelurahan Simpang Tuan. Kecamatan Dendang Desa Koto Kandis Dendang dan Kelurahan Rantau Indah. Kecamatan Mendahara Desa Merbau dan Kelurahan Mendahara Ilir.

Kemudian perwakilan Kecamatan Geragai Desa Lagan Ulu dan Kelurahan Pandan Jaya. Kecamatan Muara Sabak Timur Desa Siau Dalam dan Kelurahan Muara Sabak Ilir. Kecamatan Berbak Desa Rawa Sari dan Kelurahan Simpang. Kecamatan Nipah Panjang Desa Bunga Tanjung dan Kelurahan Nipah Panjang I. Kecamatan Muara Sabak Barat Kelurahan Nibung Putih. Serta Kecamatan Sadu Desa Sungai Sayang dan Kelurahan Sungai Lokan.

Kepala Dinas PMD Tanjabtim, Brilian yang diwakili Kabid Pemberdayaan Masyarakat Desa mengatakan, kegiatan ini pada dasarnya dilaksanakan untuk menggerakkan dan memotivasi desa dan kelurahan dalam hal pembangunan di segala aspek.

"Kita jangan membayangkan lomba desa itu adalah sekedar ingin meraih juara atau pun pemenang. Tetapi prinsip dasarnya adalah bagaiman desa dan kelurahan termotivasi, produktif dan bergerak dalam memajukan desa dan kelurahan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Dia menjelaskan, bahwa kegiatan ini berdasarkan dari lomba desa dan kelurahan ditingkat kecamatan, dan dilanjutkan ke tingkat kabupaten.

"Selanjutnya nanti dari tingkat kabupaten pemenangnya akan mengikuti lomba desa dan kelurahan ditingkat provinsi," jelasnya.


Untuk diketahui, exspose lomba desa dan kelurahan tingkat Kabupaten Tanjabtim, masing-masing peserta mempersentasekan terkait  kondisi desa dan kelurahan. Sedangkan juri dari TP-PKK Tanjabtim, Kesbangpol Tanjabtim, Dinas kesehatan Tanjabtim, Dinas Pendidikan Tanjabtim, Dinas Kominfo Tanjabtim, Dinas Sosial Tanjabtim, Dinas PMD Tanjabtim dan Kabag Pemerintahan Setda Tanjabtim.(mln)

Komentar Pembaca