Jumlah Siswa Dibeberapa Sekolah Menurun, Disdik Tanjabtim Akan Lakukan Regrouping

Jumlah Siswa Dibeberapa Sekolah Menurun, Disdik Tanjabtim Akan Lakukan Regrouping

SABAKUPDATE.COM, MUARASABAK - Jumlah siswa dibeberapa Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) mengalami penurunan. Hal itu terjadi sejak beberapa tahun terkahir ini.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Tanjabtim, Junaedi Rahmat mengatakan, bahwa terkait menurunnya jumlah siswa, pihaknya akan melakukan Regrouping sekolah.

   "Hal tersebut diketahui berdasarkan hasil evaluasi Disdik Tanjabtim beberapa tahun terakhir. Dengan kondisi itu, kami akan melakukan verifikasi dan evaluasi terhadap sekolah-sekolah yang dinilai tidak berkembang bahkan nyaris kehilangan siswa," sebutnya.

Junaedi Rahmat menjelaskan, penurunan jumlah siswa terjadi di SDN 222 Rantau Jaya, Kecamatan Rantau Rasau yang hanya 33 siswa. Dengan jumlah Guru PNS 4 orang dan Guru Honorer 4 orang.

Selain itu, di Desa Alang Alang, Kecamatan Muara Sabak Timur juga ada satu sekolah termasuk besar dengan jumlah siswanya mencapai ratusan siswa, namun hanya 1 Guru PNS. Kedepan yang akan dilakukan penataan sesuai standar dan peraturan.

"Regrouping sekolah ini salah satu bentuk guna mempersiapkan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Mengingat UNBK dan UN tingkat SD pada tahun 2021 mendatang resmi ditiadakan," katanya.

"Tentunya sekolah-sekolah yang akan di regrouping ini melalui beberapa catatan, diantaranya jumlah siswanya di bawah 60 orang secara keseluruhan ditambah jumlah tenaga guru PNS tidak sesuai standar," jelas mantan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Tanjabtim ini.

Lebih lanjut dikatakannya, sejauh ini memang sudah ada beberapa sekolah yang masuk kategori akan dilakukan Regrouping. Namun dirinya belum bisa memastikan, karena masih dalam pemantauan dan pendataan da sekitar 24 sekolah.

"Namun yang jelas beberapa sekolah yang akan di regrouping tadi baru SD. Untuk SMP sendiri kita lihat nanti apakah akan di regrouping juga atau hanya melakukan pemerataan guru saja," tambahnya.

Sembari itu, Disdik juga masih menunggu hasil seleksi CPNS khusus tenaga guru tahun ini. Dimana memang sudah ada beberapa peserta yang masuk dalam formasi guru.

"Harapannya nanti mereka mereka yang saat ini sedang ikut tes ini dapat membantu permasalahan guru di Tanjabtim," tukasnya.(mln)

Komentar Pembaca