Team R2 dan Relawan Bagikan Ribuan Masker Ke Masyarakat Kuala Jambi

Team R2 dan Relawan Bagikan Ribuan Masker Ke Masyarakat Kuala Jambi

SABAKUPDATE.COM, MUARASABAK - Dalam rangka membantu masyarakat melakukan pencegahan penularan Coronavirus Desease 2019 (Covid-19), Team Romi-Robby (R2) dan Relawan bagi-bagi ribuan masker di Kecamatan Kuala Jambi, Kamis (9/4/2020) pagi.

Selain masker, seperti biasa Team juga membagikan Hand Sanitizer dan drum air di tempat-tempat titik keramaian atau fasilitas umum yang ada di Kecamatan Kuala Jambi.

H. Samsu Alam anggota DPRD Tanjabtim dari Fraksi PAN Dapil I mengatakan, kegiatan ini dalam rangka mengikuti kebijakan Pemerintah Pusat sesuai rekomendasi dari WHO (organisasi kesehatan dunia).

"Hari ini (Kamis, red) sudah ada ribuan masker kain gratis yang dibagikan kepada masyarakat di wilayah perkampungan warga dan pedagang pasar di Kecamatan Kuala Jambi. Pembagiannya ini dilakukan secara bertahap," katanya.


H. Samsu menjelaskan, pembagian masker di wilayah perkampungan penduduk sebagai upaya preventif melindungi dan mengedukasi warga dari Covid-19. Apalagi, protokol kesehatan juga mewajibkan masyarakat agar menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

Sementara itu, Anggota DPRD Tanjabtim dari Fraksi PAN lainnya,  Reza Pahlevi menuturkan, pada awalnya Team R2 dan Relawan menyiapkan dan membagikan masker bedah untuk dibagikan gratis ke masyarakat. Namun, karena masker bedah kini sulit didapatkan, sehingga kemudian diganti dengan masker jenis kain. Menariknya, masker kain ini merupakan produksi rumahan dari UMKM Tanjabtim.

Di sisi lain Reza menyebutkan, pembagian masker kain kepada masyarakat bertujuan untuk mengedukasi mereka. Dengan harapan, masyarakat bisa membuat sendiri masker berbahan dasar kain tersebut.

"Masyarakat kita edukasi dengan masker kain, syukur-syukur mereka bisa membuat sendiri dan memperbanyak untuk dijual. Kalau mereka bisa membuat itu, akhirnya kan juga bisa meningkatkan ekonomi," terangnya.

Ketua DPC PAN Kuala Jambi, Usman alias Smang telah mengimbauan masyarakat untuk selalu menjaga jarak, rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan hand sanitizer, hingga memakai masker.

"Kita sarankan pedagang agar menggunakan APD, salah satunya adalah sarung tangan dan masker, agar tidak kontak langsung dengan pembeli, terutama dengan uang," ungkapnya.


Adi Syamsudin, salah satu perwakilan masyarakat Kuala Jambi sangat mengapresiasi langkah-langkah pencegahan Covid-19 oleh Team R2 dan Relawan. Aksi nyata ini diharapkan, agar diikuti oleh Ormas, Parpol, maupun perkumpulan masyarakat lainnya.

"Saya berharap kegiatan ini bukan hanya dilakukan oleh R2 saja, tapi dari semua organisasi, perkumpulan masyarakat, bahkan Parpol pun harus mengikuti kegiatan kemanusiaan ini," harapnya.

Hal menarik lainnya dari kegiatan Aksi nyata pencegahan Covid-19 di Kecamatan Kuala Jambi ini adalah dengan hadirnya Tokoh Masyarakat Tanjabtim, H. Hasan Ismail yang juga merupakan Ayahnda dari Bupati Romi Haryanto yang ikut membagikan masker ke masyarakat sekaligus memberikan semangat kepada Team R2 dan Relawan agar terus melakukan langkah-langkah terbaik dalam upaya pencegahan Covid-19.

Dalam kegiatan ini ikut serta Anggota DPRD Fraksi PAN diantaranya Ariandi, H. Kurnaini alias H. Koro, Firmansyah Ayusda, Nugraha Setiawan, Zilawati, Agus Pranata dan Jamil Akbar. Selain itu, juga hadir Ketua Media Center R2 Sulpani, Team Relawan dan Seluruh Pengurus DPC PAN Kecamatan Kuala Jambi.(adk)

Komentar Pembaca