Penyaluran BLT Dana Desa Pematang Rahim Sukses

Penyaluran BLT Dana Desa Pematang Rahim Sukses

SABAKUPDATE.COM, MUARASABAK - Pemerintah Desa Pematang Rahim salurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa untuk warga tidak mampu terdampak Covid-19 dampak Covid-19, Senin (19/5/2020).

Selain itu, bantuan tersebut diperuntukan bagiwarga miskin non PKH, non BPNT, non KP, non Bansos lainnya, keluarga yang kehilangan mata pencaharian, tidak terdata, rentan miskin dan memiliki anggota keluarga yang sakit kronis.

Penyerahan BLT dibagi menjadi 2 lokasi, lokasi pertama di Kantor Desa dan lokasi kedua di Gedung Sorga Desa. Hal itu bertujuan untuk mencegah menumpuknya kerumunan warga dalam 1 lokasi. Setiap penerima BLT wajib mematuhi protokol  kesehatan dalam pencegahan Covid-19, yaitu menggunakan masker, jaga jarak dan cegah kerumunan banyak orang.

Berdasarkan Peraturan Kepala Desa Pematang Rahim nomor 02 tahun 2020 tentang penetapan penerima BLT Dana Desa , jumlah penerima BLT DD sebanyak 253 KK, setiap KK menerima Rp.600.000 dalam setiap bulannya.

BLT DD akan disalurkan selama 3 bulan untuk periode bulan April sampai Juni. Total BLT DD yang akan diterima selama 3  bulan (April-Juni) setiap KK nya sebesar Rp.1.800.000. BLT DD yang diserahkan itu untuk periode pertama di bulan April, untuk periode kedua rencananya akan disalurkan setelah hari raya Idul Fitri.


"Saya berharap bantuan yang diterima sesuai dengan harapan, Mudah-mudahan bisa mengurangi beban masyarakat karena dampak wabah Covid-19 ini," harap Kepala Desa Pematang Rahim, M. Dong.

"Alhamdulillah, pelaksanaan penyaluran BLT DD di 2 lokasi tersebut berjalan dengan tertib dan lancar sesuai dengan pedoman pelaksanaan penyaluran BLT DD," ucapnya.

Selain program BLT DD, PKH, BPNT, KP, masyarakat Desa Pematang Rahim juga mendapat Bantuan Sosial lainnya , seperti JPS Kabupaten, BST dari Kemensos, Program perluasan sembako/BPNT, Bantuan sosial dari lembaga non pemerintahan/swasta.

"Semua Bansos tersebut telah mengcover mayoritas masyarakat Desa Pematang Rahim yang terdampak wabah Covid-19," tutupnya.

Kegiatan penyaluran BLT DD Pematang Rahim dihadiri juga oleh Bapak Bupati Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), H. Romi Hariyanto, SE, Kepala Dinas PMD Drs. Berilyan, Camat Mendahara Ulu Sarjuna ,SP, Kasi PPM Asnawi, S.Sos, Bhabinkamtibmas Yopi Manuhuruk, Babinsa Lianri lubis, Ketua BPD, Heri, M.Pd beserta anggota, Perangkat Desa, seluruh Ketua RT dan Relawan Desa Lawan Covid-19.(mjs/adv)

Komentar Pembaca