Besok, Verifikasi Faktual Dukungan Calon Perseorangan Dimulai

Besok, Verifikasi Faktual Dukungan Calon Perseorangan Dimulai

SABAKUPDATE.COM, MUARASABAK - 24 Juni 2020 Rabu besok verifikasi faktual dokumen dukungan calon perseorangan pasangan Romi-Robby (R2) pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati di Pilkada Tanjabtim, akan dimulai.

Tahapan tersebut dimulai dengan menyerahkan dokumen dukungan ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) melalui Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

"Pelaksanaan penyerahan dokumen dukungan ke PPK dimulai dari tanggal 24 sampai 29 Juni 2020 mendatang. Sedangkan PPK menyerahkan dokumen itu ke PPS dimulai tanggal 25 Juni 2020," kata Ketua KPU Tanjabtim, Nurkholis melalui Ketua DPC Teknis Penyelenggaraan, Abd Haris.

Untuk dokumen dukungan yang diserahkan ke PPK dan PPS, yakni formulir model B.1.1-KWK atau daftar nama by name by adress, lampiran model BA.5-KWK atau surat pernyataan tidak mendukung, hasil verifikasi kegandaan dan hasil pengecekan keberadaan pendukung didalam DPT pemilu atau pemilihan terakhir dan/atau DP4.

Aris menjelaskan, saat ini pihaknya sudah melakukan persiapan, yakni dengan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) terkait verifikasi faktual dokumen perseorangan kepada seluruh PPS.

"Alhamdulillah sampai saat ini persiapan sudah matang. Tinggal pelaksanaannya saja nanti," sebutnya.

Untuk hasil verifikasi sebelumnya, pihaknya telah menemukan dokumen dukungan ganda yang tersebar di 42 desa/kelurahan di 7 kecamatan dalam Kabupaten Tanjabtim.

Terpisah, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Tanjabtim, Samsedi saat ditanya terkait verifikasi faktual dokumen perseorangan menerangkan, bahwa pihaknya akan melakukan pengawasan verifikasi faktual melekat yang dilakukan oleh KPU Tanjabtim.

"Kemudian pihaknya juga akan melakukan verifikasi faktual berupa sampling 20 persen dari jumlah dokumen dukungan perseorangan setelah pihak KPU Tanjabtim melakukan verifikasi faktual," terangnya.

Sementara untuk Sumber Daya Manusia (SDM), pihaknya telah melakukan rapat kerja terkait dengan pengawasan melekat terhadap verifikasi faktual.

"Alhamdulillah untuk SDM kita sudah siap," tukasnya.(mln)

Komentar Pembaca