Disbunak Baru Periksa Kesehatan Hewan Qurban di Pedagang

Disbunak Baru Periksa Kesehatan Hewan Qurban di Pedagang


SABAKUPDATE.COM, MUARASABAK - Hari Raya Idul Adha tahun 1441 H/2020 M sebentar lagi. Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), sudah mulai turun melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap hewan qurban.

Namun pemeriksaan tersebut hanya dilakukan ditingkat pedagang, bukan hewan qurban yang sudah ada di panitia qurban. Mengingat hari raya Idul Adha masih lama.

"Pemeriksaan hewan qurban secara khusus masih belum bisa dilakukan," kata Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Tanjabtim, Radjito.

Pemeriksaan terhadap hewan qurban pedagang, kebanyakan untuk dikirim ke luar. Bagi hewan qurban yang sehat diberikan rekomendasi untuk berangkat, sementara yang sakit di karantina dan diobati terlebih dahulu.

"Sebenarnya kita masih melakukan pemeriksaan hewan qurban untuk di pedagang yang dikirim keluar. Tapi yang hewan qurban yang sudah di panitia belum ada kita lakukan pemeriksaan," sebutnya.

Radjito menjelaskan, untuk penyakit yang harus diantisipasi saat musim qurban seperti saat ini beberapa diantaranya Jembrana, mengingat kasus Jembrana masih kerap ditemukan. 

"Karena ini untuk qurban tentu semua penyakit harus kita antisipasi, karena syarat hewan qurban harus sehat. Kalau ditemukan penyakit saat pemeriksaan antemortem, hewan qurban akan dilakukan pengobatan dan harus diganti dengan ternak yang sehat," jelasnya.

"Sejauh ini penyakit ternak yang kerap dijumpai, yakni terpapar penyakit Jembrana. Makanya kita karantina agar tidak menulari sapi bali lainnya," pungkasnya.(mln)

Komentar Pembaca