Sulit Temui Warga yang Pindah, LO Diminta Hubungi via Video Call

Sulit Temui Warga yang Pindah, LO Diminta Hubungi via Video Call

SABAKUPDATE.COM, MUARASABAK - Pelaksanaan verifikasi faktual berkas dokumen calon perseorangan Romi-Robby mengalami kendala. Pasalnya, petugas verifikasi di lapangan kesulitan menemukan warga yang pindah.

"Tidak ada lagi kendala selain itu, karena memang mencari orang yang sudah pindah itu sangat sulit. Sedangkan Liaison Officer (LO) juga tidak mengetahui keberadaannya," kata Ketua KPU Tanjabtim melalui Ketua DPC Teknis Penyelenggaraan, Abd Haris.

Bagi orang yang tidak ditemukan atau berada di luar kota, yang bersangkutan memang harus menunjukan bukti sedang berada di luar kota. Begitu juga dengan yang sakit, harus menunjukan bukti sedang dirawat di rumah sakit.

"Harus ada buktinya, tidak bisa hanya sekedar bilang lagi di luar kota atau sakit saja," sebutnya.

Untuk solusinya, LO diberi kesempatan menemukan orang melalui nomor telepon dengan cara video call. Namun jika nanti LO juga tidak bisa menemukan orang yang pindah itu sampai tanggal 12 Juli 2020 mendatang, secara otomatis akan menjadi Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

"Jadi yang harus menghubungi orang itu adalah LO. Kalau kami tidak memiliki nomor kontak yang bersangkutan, dan siapa orangnya juga kami tidak tahu, yang tahu itu hanya LO," terangnya.

Untuk diketahui, jumlah dukungan yang harus diverifikasi faktual untuk calon perseorang sebanyak 26.923. Sementara untuk rekapitulasi di PPK kecamatan pada tanggal 13 Juli 2020. Kemudian untuk pleno ditingkat kabupaten akan dilaksanakan pada tanggal 20 dan 21 Juli 2020.(mln)

Komentar Pembaca