Moment Idul Adha, Wisata Cafe Kampung Laut Diserbu Pengunjung

Moment Idul Adha, Wisata Cafe Kampung Laut Diserbu Pengunjung

SABAKUPDATE.COM, KUALAJAMBI - Seiring dengan diberlakukan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) atau New Normal pada Hari Raya Idul Adha 1441 H/2020 M, wisata cafe Kampung Laut Kecamatan Kuala Jambi, Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) diserbu pengunjung, Sabtu (1/8/2020).

Ramainya pengunjung sejak hari pertama dan kedua lebaran Idul Adha tersebut, dipadati wisatawan lokal maupun dari luar daerah, baik itu pelajar, mahasiswa, ASN maupun pejabat. Sehingga tak jarang kendaraan para pengunjung juga terpantau ramai terparkir memenuhi badan jalan disekitar lokasi cafe.

Dari pantauan media sabakupdate.com, sejak pukul 08.00 WIB hingga pukul 05.30 WIB, cafe-cafe yang berada dipinggir sungai tersebut, menjadi incaran pata pendatang untuk berduduk santai sambil menikmati pemandangan laut. Mulai dari Cafe Kedai Sedare, Cafe Kepo, Cafe Kite, Cafe Tepi Laut, Om Cafe, B'Cafe dan Cafe Al-Baik.


Hal ini diakui Anita, salah satu pengunjung yang berasal dari Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi saat diwawancarai media sabakupdate.com. Tempat wisata yang ada di Kuala Jambi ini sangat menarik. Ditambah indahnya panorama pemandangan laut.

"Sudah Dua kali lebaran tahun ini kami bersama keluarga berkunjung kesini. Suasananya pas banget untuk bersantai sambil berfoto," ungkapnya.

Sementara Nadia, salah satu pengunjung lokal mengungkapkan rasa bangga dan senang melihat banyak pengunjung dari luar yang datang ke Kampung Laut. Karena adanya cafe-cafe ini lah, yang menarik pengunjung datang kesini.

"Biasanya dulu kalau Idul Adha, orang luar datang ke Kampung Laut tujuannya mau ke pantai. Kalau sekarang ada Dua, pantai dan cafe," ungkapnya.

Pengelola Om Cafe Kampung Laut, Rohim saat diwawancarai mengaku kaget melihat membeludaknya para wisatawan setelah diberlakukan new normal oleh pemerintah. Namun, dirinya terus mengingatkan para wisatawan baik lokal maupun luar daerah harus memperhatikan protokol kesehatan.

"Kami meminta kepada setiap pengunjung untuk memakai masker dan mencuci tangan terlebih dahulu yang sudah kami siapkan sebelum masuk area cafecafe," pintanya.


Terpisah, Ardi pengelola sekaligus pemilik Cafe Tepi Laut mengakui kualahan melayani para pengunjung yang datang ke cafenya. Namun Dia tetap bersyukur, setidaknya bisa menambah penghasilan maupun pemasukan bagi usahanya.

"Di masa pandemi ini, kita juga tetap mengimbau para pengunjung cafe kami untuk tetap memakai masker. Dan berharap pengunjung tetap jaga jarak dan cuci tangan dengan sabun sebelum masuk ke cafe," ucapnya.

Dia berharap, kunjungan pendatang bisa terus meningkat. Dan Dirinya juga berharap kepada pemerintah untuk bisa memperhatikan para pengusaha cafe, setidaknya bantuan-bantuan untuk pengembangan Cafe sehingga dapat menarik wisatawan datang ke Kampung Laut.

Untuk diketahui, lonjakan pengunjung terjadi sejak hari pertama lebaran Idul Adha 1441 H. Dan lonjakan pengujung itu diprediksi akan kembali terjadi pada hari ke tiga lebaran Idul Adha 1441 H.(adk/mln)

Komentar Pembaca