OP Gas LPG 3 Kg Akan Digelar di 10 Kecamatan

OP Gas LPG 3 Kg Akan Digelar di 10 Kecamatan

SABAKUPDATE.COM, MUARASABAK - Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), akan menggelar Operasi Pasar (OP) gas LPG 3 Kg bersubsidi di 10 kecamatan. Hal itu berdasarkan pengajuan OP yang disetujui oleh Pertamina.


Kepala Bagian Sumber Daya Alam (SDA) Setda Tanjabtim, Awaluddin mengatakan, pengajuan permintaan OP ini dikarenakan adanya pengurangan kuota gas LPG, sehingga saat ini terjadi kelangkaan.


"Ya, memang di lapangan terjadi kelangkaan gas, akibat dari pengurangan kuota yang dilakukan pihak Pertamina," katanya.


Untuk 10 kecamatan yang akan dilaksanakan OP, yakni Kecamatan Muara Sabak Barat, Muara Sabak Timur, Geragai, Dendang, Berbak, Rantau Rasau, Nipah Panjang, Sadu, Kuala Jambi dan Mendahara.


"Sedangkan Mendahara Ulu tidak dilakukan OP, karena tidak adanya pengurangan kuota gas LPG 3 Kg di kecamatan itu," ungkapnya.


Dijelaskannya, berdasarkan hasil koordinasi dengan pihak Pertamina,  OP akan mulai dilaksanakan pada tanggal 19 Agustus. Namun, pihaknya nanti akan bergerak cepat, jika Pertamina sudah mengeluarkan surat resminya.


"Kita masih menunggu surat resminya, Insya Allah pada tanggal 19 nanti. Jika sudah ada suratnya, maka kami akan segera berkoordinasi dengan seluruh kecamatan, agar bisa mempersiapkan kegiatan OP ini," jelasnya.


Kemudian Awaluddin juga menerangkan, untuk rencana pendistribusian gas LPG bulan Agustus ini dari Pertamina ke para agen, memang hanya 152.000 tabung. Berarti jika melihat ke belakang pada pendistribusian Tiga sebelumnya terjadi kekurangan sebanyak 7000 sampai 8000 tabung.


"Karena idealnya, alokasi Kabupaten Tanjabtim 5.772 metrik ton. Jika dikalkulasikan dengan jumlah tabung 3 Kg adalah harusnya 1.600 tabung per bulan," tutupnya.(mln)

Komentar Pembaca