Kamis, 06 Agustus 2020

Pesta Rakyat HUT RI di Tanjabtim Ditiadakan

SABAKUPDATE.COM, MUARASABAK - Peringatan upacara Dirgahayu RI ke-75 tahun 2020 di Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), tetap dilaksanakan. Namun, pelaksanaan lomba atau pesta rakyat ditiadakan. Hal itu mengikuti petunjuk dari Kementerian Sekretaris Negara.


"Untuk pesta rakyat kemungkinan ditiadakan. Sebab, biasanya pesta rakyat akan menghadirkan jumlah massa yang banyak, tentunya itu bisa penularan Covid-19 secara cepat," kata Asisten I Setda Tanjabtim, Sutjipto.


"Sementara itu, kegiatan larung bunga yang biasa dilakukan di aliran sungai Batanghari seperti tahun - tahun sebelumnya kemungkinan juga ditiadakan," tambahnya.


Selain itu, untuk rangkaian kegiatan HUT RI ke-75 ini sendiri akan dilaksanakan pada tanggal 14 Agustus. Dimana pada tanggal tersebut kegiatan akan dilaksanakan di gedung DPRD dalam rangka mendengarkan pidato kenegaraan dari Presiden RI.


Selanjutnya, pada tanggal 17 Agustus, pelaksanaan upacara pengibarah bendera akan dilaksanakan pada pagi hari. Dimana nantinya peserta yang hadir pun jumlahnya terbatas, yaitu Lima orang dari setiap perwakilan OPD.


"Sedangkan siswa sekolah tidak dilibatkan. Bahkan untuk petugas pengibar bendera hanya dilakukan tiga orang, sisa anggota Paskibraka  yang sudah diseleksi akan menjadi peserta upacara," sebutnya.


Sutjipto menerangkan, seluruh peserta yang akan masuk ke lapangan upacara akan melalui proses pemeriksaan kesehatan oleh petugas dari Tim Gugus Tugas Covid-19.


Seusai melaksanakan upacara bendera di halaman kantor Bupati Tanjabtim, kegiatan akan dilanjutkan aula kantor Bupati guna melaksanakan dan menyaksikan secara virtual upacara yang dilaksanakan di Istana Negara pada saat memperingati detik - detik proklamasi.(mln)