Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 7 Dibuka, Begini Cara Daftarnya

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 7 Dibuka, Begini Cara Daftarnya


SABAKUPDATE.COM, JAKARTA
- Manajemen Pelaksana (PMO) Program Kartu Prakerja mengumumkan pembukaan pendaftaran peserta gelombang 7 telah dibuka pada Kamis (3/9) pukul 12.00 WIB.

Hal itu disampaikan oleh Head of Communications PMO Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu saat dihubungi detikcom. Dia bilang, kuota yang dibuka pun tetap sama seperti gelombang sebelumnya yakni 800.000 orang.

"Pendaftaran gelombang 7 dibuka kemarin, 3 September 2020 jam 12.00 WIB," kata Louisa, Jumat (4/9/2020).

Bagi masyarakat yang belum mendaftar diharapkan segera mendaftar. Pasalnya, pihak PMO masih belum menentukan waktu penutupan pendaftarannya.

"Jadwal penutupan akan kami komunikasikan kemudian dan kuota yang akan diterima adalah 800.000," ujarnya.

Sama seperti sebelumnya, bagi peserta yang belum lolos masuk gelombang sebelumnya maka bisa langsung mendaftar di gelombang selanjutnya. Caranya dengan mengubah pilihan pada dashboard masing-masing peserta.

Sementara bagi masyarakat yang belum mendaftar program Kartu Prakerja sama sekali, jangan berkecil hati karena caranya sangat mudah. Setidaknya ada 8 langkah yang perlu diketahui bagi calon pendaftar. Berikut rinciannya:

1. Buka situs https://www.prakerja.go.id
2. Login, bagi yang sudah terdaftar silakan login email dan password. Bagi yang belum daftar, klik daftar. Lalu isi alamat email, password, dan konfirmasi password. Klik Saya menyetujui Syarat dan Ketentuan dan Kebijakan Privasi yang berlaku. Lalu klik daftar.
3. Setelah daftar, data akan diverifikasi melalui email. Klik verifikasi data melalui email.
4. Lalu verifikasi KTP dengan masukkan 16 digit nomor KTP, nomor kartu keluarga, dan tanggal lahir kamu.
5. Kemudian masukkan data diri dan nomor HP. Setelah itu kode OTP yang dikirimkan melalui SMS.
6. Berikutnya saat foto, pastikan seluruh wajah terlihat jelas. Jangan gunakan kacamata dan masker.
7. Setelah itu, tes motivasi dan kemampuan dasar. Tes ini bertujuan untuk mengenali kompetensi dan potensi yang kamu miliki. Penggunaan alat bantu corat-coret seperti kertas, pensil atau pulpen diperbolehkan untuk menyelesaikan soal.
8. Pilih pelatihan yang diinginkan. Pastikan kamu mengikuti dan menyelesaikan semua kelas pelatihan yang kamu pilih.


Dalam program Kartu Prakerja, peserta akan mendapat Rp 3.550.000. Rinciannya yakni uang saku Rp 2,4 juta atau Rp 600 ribu per bulan. Kemudian Rp 1 juta untuk pelatihan dan Rp 150 ribu sebagai insentif usai pelatihan selama 3 bulan.

Para calon pendaftar Kartu Prakerja harus memasukkan data Nomor Induk Kependudukan (NIK), Kartu Keluarga (KK), telepon, dan alamat email dengan benar. Pasalnya data-data ini merupakan faktor penting dalam proses pendaftaran.

Hal yang lain yang perlu diperhatikan peserta dan calon peserta adalah bagaimana agar rekening bank atau E-Wallet tersambung dengan akun Kartu Prakerja.

Berikut cara agar rekening bank atau E-Wallet tersambung dengan akun Kartu Prakerja:

- Pilih Sambung Sekarang pada dashboard utama kamu

- Pilih Rekening yang akan kamu sambungkan. Jika memilih BNI isi informasi tambahan dengan benar lalu pilih Sambungkan

- Jika memilih E-Wallet, cek Nomor HP kamu dan Pilih 'Aktifkan LinkAja'

- Jika memilih Bank BNI, cek informasi rekening dan Pilih Konfirmasi

- Jika kamu memilih E-Wallet, masukkan OTP yang telah dikirimkan melalui SMS. Jika memilih E-Wallet, Masukan Kode Keamanan E-Wallet. E-Wallet kamu telah tersambung di akun Kartu Prakerja.(detik)

Sumber : Detik.com

Komentar Pembaca