Derita Polio Sejak Lahir, Yunita Butuh Bantuan Kursi Roda

Derita Polio Sejak Lahir, Yunita Butuh Bantuan Kursi Roda


SABAKUPDATE.COM, KUALAJAMBI
- Sungguh malang nasib Yunita warga Jalan Semoga RT 07 RW 02 Kelurahan Kampung Laut, Kecamatan Kuala Jambi, Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim). 


Sejak lahir, bocah yang kini telah berusia 11 tahun tersebut menderita penyakit Polio yang telah mengakibatkan kelumpuhan.


Saat ini Yunita hidup di tengah-tengah keluarga yang tidak mampu. Tanpa adanya kasih sayang dari bapaknya, selama ini Yunita hanya dirawat oleh ibu kandungnya yang bernama Sukarsih yang telah lama berpisah. Demi menafkahi Yunita dan kakaknya, ibunya rela bekerja sebagai pengambil upah kocek pinang dan cungkil kelapa. 


Kini kondisi Yunita sejak lahir tidak mengalami perubahan. Tubuhnya kurus, tidak bisa berjalan dan tidak bisa berbicara layaknya anak sebayanya. Semua aktifitas Yunita dibantu oleh ibunya maupun keluarga yang satu atap bersamanya.


Berdasarkan keterangan Dokter bahwa Yunita menderita penyakit Polio Lumpuh Layu, yang berarti kondisi dimana terjadi kelemahan otot yang dapat terjadi di ekstremitas (tangan atau kaki).


Sukarsih ibunya mengatakan, bahwa Yunita sampai saat ini tidak bisa melakukan aktifitas apapun, baik itu berjalan, duduk maupun berbicara, semuanya dibantu dengan cara digendong. Semua itu harus dilakukan, karena tidak adanya alat bantu dorong seperti kursi roda khusus untuk Yunita.


"Mau bagaimana lagi, dengan cara digendong itu lah yang saya bisa lakukan, sedangkan kursi roda kami tidak punya," ungkapnya sedih.


Karena Dirinya dan keluarga tidak mampu untuk membeli kursi roda dengan uang sendiri, maka Sukarsih menaruh harapan besar kepada pemerintah setempat agar anaknya bisa mendapatkan bantuan kursi roda. 


"Setidaknya kalau saat ingin keluar atau jalan-jalan sekitar rumah, Yunita bisa menggunakan kursi roda," ucapnya.


Sementara, Camat Kuala Jambi, Taufiq Kurniawan, S.STP setelah mendapat kabar tersebut langsung mendatangi rumah yang terdapat didalamnya Tiga Kepala Keluraga (KK) tersebut. Camat juga langsung bergerak cepat dan langsung berkoordinasi dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Tanjabtim.


"Alhamdulillah Kepala Baznas Tanjabtim respon positif akan membantu kursi roda, dan Insya Allah kita akan bantu untuk administrasi dan pemberkasannya," katanya.


Camat berharap, dengan adanya bantuan kursi roda itu nantinya, dapat membantu meringankan ibunya dalam merawat dalam aktifitas Yunita di rumah. Yang jelas kepada keluarga dan orang tua tetap sabar, jangan bosan memberikan semangat kepada Yunita.


"Kepada Yunita semoga senantiasa terus diberikan kesehatan dan tidak ada lagi penyakit-penyakit lain yang muncul, aaminn," ucapnya.(mln/adk)



Komentar Pembaca