Songsong RPJP Kedua, Para Senior Tanjabtim Ini Yakin Romi-Robby Paling Ideal Tuntaskan RPJMD Terakhir

Songsong RPJP Kedua, Para Senior Tanjabtim Ini Yakin Romi-Robby Paling Ideal Tuntaskan RPJMD Terakhir


SABAKUPDATE.COM, MUARASABAK
- Duet pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) nomor urut 2, H. Romi Hariyanto dan H. Robby Nahliyansyah dipercaya sebagai kandidat paling ideal menuntaskan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) pertama.


Pasalnya, pemerintahan selanjutnya lebih leluasa meneruskan RPJPD kedua dengan pondasi yang kuat dan akomodatif.


Adalah mantan Bupati Tanjabtim dua periode H. Abdullah Hich dan mantan anggota DPRD Tanjabtim periode pertama dan kedua Sabaruddin yang sepakat bahwa Romi-Robby lah yang paling pas menuntaskan RPJPD pertama Tanjabtim. Ditemui di sela Paripurna khusus DPRD Tanjabtim dalam rangka HUT Tanjabtim ke-21, Rabu siang(21/10), Abdullah Hich dan Sabaruddin menegaskan alasan mereka cukup kuat dan rasional.


Dikatakan Abdullah Hich, kompleksnya persoalan yang dihadapi daerah pemekaran di pesisir timur Provinsi Jambi itu membutuhkan Political Will yang kuat dari pemimpinannya. Karena itu pemimpin Tanjabtim haruslah figur yang berkarakter, tidak cukup hanya wacana-wacana apalagi sekedar retorika.


Romi Hariyanto yang duduk sebagai Ketua DPRD Tanjabtim sejak 2004 hingga 2016, dijelaskan Hich ikut andil bersamanya dalam mengawal suksesnya Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) pertama (2000-2005) dan RPJMD kedua (2005-2010). 


"Bahkan di RPJMD ketiga, waktu Zumi Zola dan Pak Ambo Tang, pak Romi juga Ketua DPRD nya. Itu artinya beliau di barisan terdepan mengawal suksesnya tiga RPJMD itu dari masa ke masa," Abdullah Hich menjelaskan. 


Lebih lanjut papar Hich, untuk RPJMD Tanjabtim keempat (2015-2020), Romi sendiri yang melaksanakan langsung karena dia terpilih sebagai Bupati Tanjabtim bersama wakilnya Robby Nahliyansyah.


"Karena itu, dari kacamata saya yang berkarir sebagai birokrat yang berasal dari bawah lalu kemudian terjun ke politik secara total, saya sangat yakin figur Romi lah yang pantas menuntaskan RPJMD terakhir ini. Sebab beliau pelaku langsung dan secara aktif mengawal bahkan melaksanakan RPJMD itu," beber Abdullah Hich.


Sedangkan Sabaruddin secara tegas mengatakan, bahwa dia tidak meragukan sama sekali soal kuatnya komitmen seorang Romi Hariyanto dalam membangun Tanjabtim.


"Beliau itu mantan kolega saya di DPRD, saya paham betul karakter beliau. Apalagi sejak jadi Bupati saya lihat beliau serius meneruskan strategi pembangunan yang dahulu dasar-dasarnya diletakkan oleh orang tua kita Pak Abdullah Hich ini," kata Sabaruddin. 


Tidak mudah sebetulnya bagi sebagian orang tetap mengakomodir pemikiran mantan rivalnya. 


"Pak Hich ini kan rival beliau saat Pilkada, tapi kemudian Pak Romi tetap mau menjadikan beliau ini mentor dan menyatakan siap meneruskan cita-cita beliau. Saya kira itu cermin nyata kedewasaan seorang pemimpin," kata Sabaruddin yang saat ini diketahui mengabdikan dirinya mengajar di pondok pesantren Jari Nabi di Muarasabak.


Sementara, Kepala Bappeda Tanjabtim, Ali Fachruddin menjelaskan, sasaran RPJMD 2021-2025 berfokus pada tiga sasaran. Pertama peningkatan kualitas kelembagaan dan birokrasi Pemerintah Daerah. Kedua, penguatan sektor industri dan akses pasar komoditas unggulan daerah. Ketiga, pemantapan pelayanan publik yang prima. 


Dijelaskan Ali, peningkatan sumber daya manusia khususnya penguatan kapasitas angkatan kerja juga menjadi prioritas Pemkab Tanjabtim di RPJMD 2020-2025. 


"Kita merencanakan program tersebut menyasar seribu orang yang akan kita beri pelatihan melalui Balai Latihan Kerja. Kita prioritaskan putra - putri Tanjabtim, itu termasuk yang putus sekolah baik SMP maupun SMA," jelas Ali.


Sementara itu, Ketua Tim Pemenangan Romi Hariyanto - Robby Nahliyansyah, Ariyandi menegaskan, bahwa visi misi yang diusung R2 konsisten berpedoman pada upaya menyukseskan RPJPD. 


"Soal itu kita pastikan konsisten, kita bertekad RPJPD 2000-2025 Tanjabtim tercapai dengan baik dan akuntabel," kata politisi Partai Amanat Nasional itu.(mln)

Komentar Pembaca