Tanjabtim Akan Peringati Hari Santri Nasional ke-5 Tahun 2020

Tanjabtim Akan Peringati Hari Santri Nasional ke-5 Tahun 2020


SABAKUPDATE.COM, MUARASABAK
- Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), akan memperingati Hari Santri Nasional ke-5 pada Kamis 22 Oktober 2020 mendatang. Ini perdana dilakukan Tanjabtim seusai peringatan Dirgahayu Kabupaten Tanjabtim yang ke-21 pada tanggal 21 Oktober 2020 digelar.


Pemkab Tanjabtim berencana akan menggelar upacara yang akan dihadiri para pimpinan Pondok Pesantren serta para santri se Kabupaten Tanjabtim. Sebelum upacara tersebut dilaksanakan, saat ini rapat persiapan sudah dilakukan pada Senin (19/10/2020) siang.


Dipimpin Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Tanjabtim, Sutjipto dihadiri langsung oleh Forum Pimpinan Pondok Pesantren, perwakilan dari forum, Kementerian Agama Tanjabtim, Ketua MUI Tanjabtim dan unsur terkait lainnya.


"Mengingat pandemi Covid-19 ini, tentunya peserta uparaca dibatasi hanya sebanyak kurang dari 100 orang dari 30 Pondok Pesantren. Lokasinya didepan Kantor Bupati Tanjabtim," kata Kabag Kesra Setda Tanjabtim, Taufik Hidayat, S.STP.


Setelah upacara digelar, acara dilanjutkan dengan Tausiah singkat dengan materi Penguatan Lembaga Pendidikan Non Formal dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Kemudian silaturahmi, makan siang bersama antara Bupati, unsur Forkopimda dan seluruh pimpinan pondok pesantren.


"Peringatan Hari Santri Nasional ini perdana dilakukan untuk di tingkat Kabupaten Tanjabtim," ungkapnya.


Rencana awal sebelum adanya wabah Covid-19 ini, terang Taufik, akan diadakan kegiatan-kegiatan seperti yang dilaksanakan di tingkat Nasional, baik itu event-event di bidang keagamaan maupun di bidang olahraga khusus para santri. Tapi karena Covid-19 masih melanda, jadi akan digelar secara sederhana.


"Dan peringatan Hari Santri ini sendiri merupakan yang ke-5 di tingkat Nasional. Selama ini peringatan hanya di tingkat pondok pesantren saja dan di Kemenag. Jadi kita Pemkab tahun ini yang akan menggelarnya," terangnya.


"Harapan kita kedepan, ini akan menjadi agenda rutin dalam rangka silaturahmi bersama pimpinan pondok pesantren dan para santri yang ada di Kabupaten Tanjabtim," harapnya.(mln)

Komentar Pembaca