Kamis, 19 Agustus 2021

Mahasiswa UNJA Posko 18 KKN Kebangsaan Adakan Monitoring UMKM


SABAKUPDATE.COM, JAMBI- Mahasiswa UNJA (Universitas Jambi) Demi meningkatkan UMKM Posko 18 KKN kebangsaan adakan Monitoring UMKM

Posko 18 KKN Kebangsaan mengadakan sebuah kegiatan monitoring UMKM yang dapat meningkatkan usaha masyarakat Desa Teluk Majelis, Kecamatan Kuala Jambi, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Rabu (4/8/2021) .

Irwan ketua Posko 18 mengatakan "Sesuai dengan 6 program kerja utama Posko 18 KKN Kebangsaan pada tahun 2021 yaitu pemulihan sosial ekonomi masyarakat yang terdampak Covid-19 dan kita semua."

Di dunia bisnis modern saat ini, UMKM menjadi pusat perhatian dan menjadi bisnis yang sangat diminati oleh masyarakat. Oleh sebab itu UMKM menjadi urat nadi terpenting dalam ekonomi masyarakat yang harus terus dikembangkan, terlebih sampai sampai saat ini UMKM masih menjadi penyumbang ekonomi terbesar di Indonesia". Sambung nya.

Kegiatan ini dilakukan mulai dari memberikan edukasi terkait pembukuan kepada pemilik usaha serta memberikan sosialisasi terkait pentingnya Surat Izin Usaha (SIUP).

Belajar dari pengalaman bahwa banyak bantuan dari pemerintah yang diberikan kepada usaha-usaha masyarakat, namun terjadi kendala terkait administrasi yang tidak dimiliki yaitu terkait surat izin usaha.

"Jika UMKM mempunyai SIUP, maka jalannya bisnis UMKM akan lebih mudah baik dalam hal administrasi maupun hal lainnya" Ujar Ina Saptari (Unja) salah satu anggota Posko 18 KKN Kebangsaan jurusan Manajemen Kewirausahaan.

"Di satu sisi juga pembukuan menjadi hal terpenting dalam usaha, sehingga UMKM dapat mengetahui berapa laba atau pun rugi yang terjadi dan kami juga memberikan sebuah buku catatan keuangan kepada pemilik usaha yang nantinya dapat mereka gunakan" Tutup irwan.

Dr. Ervan Johan Wicaksana, S.pd., M.Pd., M.Pd.I selaku dosen pembimbing lapangan mendukung penuh semua kegiatan yang bersifat positif dan bermanfaat bagi desa. “Kegiatan ini sangat bersifat _sustainable_ atau berkelanjutan, apalagi KKN bersifat sementara, oleh sebab itu saya menganjurkan kegiatan yang seperti ini”. Ujar Dr. Ervan

Kegiatan ini mendapat sambutan antusias dari masyarakat, sebab dengan hal ini sedikit banyaknya bisa memahami terkait pentingnya pembukuan serta surat izin usaha.(*)