Kamis, 25 November 2021

Desa Pematang Rahim Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas RT dan RW


SABAKUPDATE.COM, MENDAHARAULU
- Dalam rangka peningkatan kualitas para Ketua RT dan RW, Pemerintah Desa Pematang Rahim, Kecamatan Mendahara Ulu menggelar pelatihan peningkatan kapasitas Lembaga Kemasyarakatan RT dan RW. Pelatihan ini  dihadiri oleh perangkat desa, seluruh Ketua RT dan ketua RW se-Desa Pematang Rahim. 


Kegiatan ini berlangsung di Aula Kantor Desa Pematang Rahim, pada Kamis (18/11), dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.


Kepala Desa Pematang Rahim, M Dong mengatakan, kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas RT dan RW ini penting untuk memperkuat tugas fungsi para Ketua RT dan RW sebagai unit organisasi ‘akar rumput’ yang paling dekat serta bersentuhan langsung dengan masyarakat.


"Mereka juga sebagai garda terdepan penggerak swadaya gotong royong dan partisipasi masyarakat di wilayahnya," katanya.



Dia mengungkapkan, tugas fungsi RT dan RW adalah untuk membantu pemerintah desa dan kelurahan dalam urusan pemerintahan serta pelayanan terhadap masyarakat, pendataan penduduk, pemeliharaan keamanan, mengembangkan inisiatif, dan penggerak swadaya gotong royong untuk partisipasi masyarakat di wilayahnya.


"Saya berharap dengan diadakannya kegiatan ini adalah sebagai evaluasi para RT dan RW untuk menciptakan sinergitas dengan pemerintah desa," ucapnya.


Kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas RT/RW ini juga bertujuan agar Ketua RT dan RW tahu tugas dan fungsinya. Kegiatan ini atas usulan Kepala Desa yang disesuaikan dengan Perbub Nomor 37 tahun 2019 agar program tersebut dapat tersampaikan kepada RT dan RW.


"Terutama dalam pengurusan atau pembentukan RT dan RW jangan sampai salah tafsir," jelasnya.


Jainudin, Ketua RT 07  Desa Pematang Rahim mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Desa Pematang Rahim karena sudah menggelar pelatihan RT dan RW ini, sehingga merasa terbantu dan dapat menambah wawasan serta ilmu dalam menjalankan tugasnya sebagai Ketua RT.


"Jadi kita lebih mengetahui sejauh mana tupoksi RT dan RW. Diharapkan usai kegiatan ini kami dapat menjalankan di lingkungan RT kami untuk memberikan pelayanan secara administrasi terhadap warga masyarakat," ucapnya.(mjs)