Jumat, 26 November 2021

STQ ke-XIV Desa Pematang Rahim Resmi Dibuka


SABAKUPDATE.COM, MENDAHARAULU
- Pelaksanaan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) ke-XIV tingkat Desa Pematang Rahim, Kecamatan Mendahara Ulu, Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), resmi dibuka. Kegiatan yang digelar di Gedung Serba Guna, pada Jumat (26/11) malam tersebut dibuka oleh Kepala Desa Pematang Rahim, M. Dong.


Hadir pada kegiatan tersebut Plt Camat Mendahara Ulu, Hendri, Kepala KUA Kecamatan Mendahara Ulu, para Tokoh Agama, Babinsa, BPD dan para Kepala Dusun serta Ketua RT. Tampak juga masyarakat Desa Pematang Rahim, memadati Gedung Serba Guna untuk menyaksikan pembukaan STQ tingkat Desa Pematang Rahim. 


Kepala Desa Desa Pematang Rahim, M. Dong dalam sambutannya mengatakan, demi mewujudkan masyarakat yang agamis, harmonis dan sejahtera, kegiatan STQ ini perlu dilaksanakan dan Pemerintah Desa Pematang Rahim sangat mendukung kegiatan seperti ini. 



"Ini merupakan bagian dari pembangunan mental dan syiar agama dan memberikan pendidikan keagamaan dan karakter bagi anak-anak warga Desa Pematang Rahim sejak dini," katanya.


Ketua Panitia Pelaksana, Sapi'i dalam laporannya menyampaikan, bahwa pelaksanaan STQ ke XIV Desa Pematang Rahim ini digelar selama Tiga hari, dimulai tanggal 26 November 2021 dan akan ditutup pada tanggal 28 November 2021. Peserta STQ sendiri diikuti seluruh perwakilan Dusun yang ada di Desa Pematang Rahim.


"Adapun cabang lomba yang dilaksanakan, yakni Adzan tingkat SD/MI, Tartil tingkat SD/MI, Tilawah anak-anak tingkat SD, MI, MTS dan SMP, Juz Amma, Hafalan Surah Yasin (BKMT), Asmaul Husna, Pidato, Rebana, Praktek Shalat Jama'ah, Hapalan Doa Pendek, Kaligrafi Naskah, Sarhil Quran dan Khotmil Quran," urainya.


Menurutnya, pelaksanaan STQ di Desa Pematang Rahim setiap tahunnya memang luar biasa. Walaupun masih dalam suasana pandemi Covid-19, masyarakat Desa Pematang Rahim tetap antusias mendukung program ini dan tetap mematuhi protokol kesehatan.



"Walaupun masyarakat memadati lokasi STQ, namun masyarakat tetap memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak," ungkapnya.


Ia mengharapkan, selama kegiatan STQ ini berlangsung, masyarakat Desa Pematang Rahim bisa terus mendukung dan menghadiri pelaksanaan cabang lomba, agar para peserta bisa tampil semangat dan maksimal.


"Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh Panitia yang bekerja keras untuk mensukseskan kegiatan STQ Desa Pematang Rahim ini," ucapnya.(mjs)