Rabu, 23 Maret 2022

Gebrak Mari, Samsat Bersama Satlantas Polres Tanjabtim Gelar Razia Kendaraan


SABAKUPDATE.COM, MUARASABAK
- UPTD Samsat Kabupaten Tanjabtim bersama Satlantas Polres Tanjabtim yang dikomandoi oleh Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Provinsi Jambi melakukan razia kendaraan program Gebrak Mari di beberapa titik jalan lintas, Selasa (23/3) malam. 


Kepala Bakeuda Provinsi Jambi, Agus Pirngadi melalui Pengelolaan Pendapatan Daerah, Lukman Hakim mengatakan, bahwa razia pertama digelar di Kelurahan Parit Culum I pukul 09.00 IB sampai 11.45 WIB. Kemudian dilanjutkan sekitar pukul 16.30 WIB sampai 19.30 WIB di Simpang Plabi, Desa Kota Baru, Kecamatan Geragai.


"Program Gebrak Mari ini singkatan dari Gerakan Bersama Razia Kendaraan di Malam Hari dan dilakukan dalam rangka penertiban pajak dan kelengkapan surat kendaraan bermotor," katanya.


Dijelaskannya, Gebrak Mari juga ini difokuskan terhadap kendaraan angkutan barang, plat luar Provinsi Jambi dan pajak kendaraan yang telah melewati masa berlakunya. Dari informasi yang didapat, banyak kendaraan plat luar Provinsi Jambi yang beroperasi di Kabupaten Tanjabtim ini. 


"Jadi kami menghimbau kepada pemilik kendaraan untuk memutasikan platnya menjadi plat Provinsi Jambi, sehingga bisa meningkatkan PAD kita," ucapnya.


Sementara, Kepala UPTD Samsat Kabupaten Tanjabtim, Asnawi mengatakan, pada razia tersebut ada beberapa kendaraan yang mendapat sanksi tilang ditempat dan ada pula beberapa pengendara kendaraan asal Provinsi Jambi yang berplat luar diminta untuk mengisi surat pernyataan agar bersedia melakukan mutasi plat kendaraannya menjadi plat Provinsi Jambi.



"Selain itu kita juga memberikan informasi kepada pengendara terkait adanya program pemutihan keringanan pajak berupa pembebasan BBN II dan denda PKB, agar pengendara dapat memanfaatkannya untuk mengurus dokumen kendaraannya," ungkapnya.


Selanjutnya, Ia mengucapkan terima kasih banyak kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Tanjabtim yang sering memberikan support kepada UPTD Samsat Kabupaten Tanjabtim. Dan tak lupa juga ucapan terima kasih juga disampaikan kepada pihak Satlantas Polres Tanjabtim atas kerjasamanya dalam membantu untuk peningkatan pajak.


"Alhamdulillah di triwulan I ini, kita sudah melebihi target. Insya Allah pada akhir bulan Maret ini kemungkinan akan bertambah lagi kelebihannya," tutupnya.(mln)