Senin, 27 Juni 2022

Kelulusan Siswa SD dan SMP di Tanjabtim 100 Persen


SABAKUPDATE.COM, MUARASABAK
- Kelulusan Ujian Akhir Sekolah (UAS) siswa SD dan SMP di Kabupaten Tanjabtim, 100 persen. Dinas Pendidikan Kabupaten Tanjabtim mencatat ada sebanyak 3.956 siswa SD yang mengikuti UAS dan SMP 2.208 siswa.


Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tanjabtim, Edward melalui Sekretaris Dinas, Trisyanto mengatakan, bahwa untuk kelulusan siswa sendiri ditentukan oleh masing-masing sekolah yang disesuaikan dengan kemampuan siswa.


"Dari 197 SD dan 46 SMP di Tanjabtim, seluruh siswa yang mengikuti UAS 100 persen lulus. Memang saat ini sekolah yang menentukan terkait dengan kelulusan siswa," katanya.


Dia menjelaskan, bahwa pengumuman hasil ujian diumumkan pada tanggal 15 Juni 2022 lalu. Sementara penerimaan raport dilaksanakan pada tanggal 23 Juni 2022. Sedangkan libur sekolah terhitung dari penerimaan raport sampai dengan 17 Juli 2022 mendatang. 


"Jadi libur sekolah di tahun ini sampai dengan pasca lebaran Idul Adha. Namun untuk guru-guru tetap masuk, karena melakukan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB)," jelasnya.


Dia juga menerangkan, untuk pelaksanaan PPDB dimulai dari tanggal 1 sampai 7 Juli 2022, dilanjutkan dengan pengumuman hasil pendaftaran pada tanggal 8 Juli 2022. Selain itu, pihak sekolah juga akan melaksanakan pendaftaran ulang bagi siswa lama yang dilakukan dari tanggal 11 - 13 Juli 2022.


"1 Juli nanti sekolah sudah mulai PPDB, pendaftaran ulang dan lain-lain. Jadi untuk guru tidak libur tetap standby di sekolah," terangnya. 


Trisyanto mengimbau kepada para wali dan orang tua murid SD maupun SMP, agar melanjutkan pendidikan anaknya ke jenjang yang lebih tinggi lagi. Tidak ada kata putus sekolah karena faktor ekonomi, sebab saat ini semua pendidikan anak sudah diberi kemudahan dan gratis yang bersumber dari dana BOS.


"Kita harap dan mengimbau kepada orang tua, anak jangan putus sekolah, harus lanjutkan pendidikan dari SD ke SMP dan SMP ke SMA. Semuanya sudah mudah dan gratis," tukasnya.(mln)