Senin, 11 Juli 2022

Desa Pematang Rahim Gelar Penyuluhan Pencegahan dan Penanganan Stunting


SABAKUPDATE.COM, MENDAHARAULU
 - Dalam rangka mengantisipasi atau pencegahan dan penanganan stunting, Pemerintah Desa Pematang Rahim, Kecamatan Mendahara Ulu, Kabupaten Tanjabtim menggelar penyuluhan bagi warganya, Selasa (12/7) siang.


Dalam penyuluhan itu, Kepala Desa Pematang Rahim, M. Dong menyampaikan sedikit tentang stunting. Menurutnya, stunting adalah kondisi gagal tumbuh akibat kekurangan gizi di seribu hari pertama kehidupan anak. Kondisi ini berefek jangka panjang hingga anak dewasa dan lanjut usia. 


"Masalah stunting salah satu isu penting dalam dunia kesehatan anak-anak yang masih menjadi perhatian besar, khususnya anak-anak di negara terbelakang dan negara berkembang," katanya.


Lebih lanjut dijelaskannya, stunting merupakan masalah tumbuh kembang anak yang ditandai dengan tinggi badan anak yang rendah, sementara berat badannya mungkin normal sesuai dengan usianya. Anak dikatakan stunting bila tinggi badannya tidak bertambah signifikan sesuai dengan usianya atau bila dibandingkan dengan tinggi badan yang anak itu dapatkan saat baru lahir. 


Hal itu disebabkan oleh kekurangan nutrisi pada bayi dalam waktu lama, kurang ASI, infeksi berulang, atau penyakit kronis yang menyebabkan masalah penyerapan nutrisi dari makanan. Faktor risiko stunting juga akibat pola asuh yang tidak memadai dari sejak bayi di dalam kandungan.


"Dimana ibu hamil mungkin memiliki masalah kesehatan atau tidak memenuhi nutrisi janin selama kehamilan," terangnya.



Untuk itu, lanjutnya lagi, cara mengatasi stunting adalah dengan memberi anak nutrisi yang memadai sejak dari dalam kandungan, setelah baru lahir dan selama masa pertumbuhan. Penuhi nutrisi selama kehamilan, penuhi nutrisi si kecil dengan optimal, mempraktikkan kebersihan yang benar, mengatasi anak yang susah makan, konsultasi dengan Tim Pelayanan Kesehatan.


"Saya mengharapkan, usai kegiatan kita bisa menekan angka stunting yang ada di Desa Pematang Rahim, bahkan harapannya tidak ada lagi anak yang stunting," harapnya.


Pada kegiatan ini, tampak hadir Petugas Puskesmas Simpang Tuan dan Petugas KB sebagai nara sumber. Kemudian juga dihadiri Tim Kecamatan yang terdiri dari Kasi Pem, Asnawi, S.Sos, BPD dan TP PKK Desa Pematang Rahim.(mjs)