Senin, 25 Juli 2022

Pekerjaan 9 Unit Pembangunan Sanitasi di Mencolok Sudah Capai 50 Persen


SABAKUPDATE.COM, MENDAHARAULU
- KSM Peduli Bersama Desa Mencolok yang dipercayakan oleh Pemerintah Provinsi Jambi melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya Balai Pra Sarana Perumahan Wilayah Provinsi Jambi Satuan Kerja Pelaksana Prasarana Pemukiman Provinsi Jambi Tahun Anggaran 2022 membangun sarana Sanitasi (Bilik WC/Tangki Septik Individual) untuk Tahap ke I.


KSM Peduli Bersama yang di Ketuai oleh Guntari tersebut dibangun sebanyak 9 unit dan saat ini sedang dalam proses pengerjaan yang telah mencapai 50 persen. Sedangkan keseluruhan pekerjaannya ada sebanyak 37 unit, yang dikerjakan secara bertahap.


"Untuk di tahap awal atau tahap pertama ini ada sebanyak 9 unit, dan untuk kepengurusan pembangunan ini kami bentuk KSM Peduli Bersama dan juga melibatkan Tokoh Masyarakat Desa Mencolok sebanyak 6 orang," katanya.



Guntari menjelaskan, pembuatan Sanitasi WC ini berdasarkan pengajuan masyarakat Desa Mencolok kepada Pemerintah Desa pada tahun lalu, dan berkat upaya Kepala Desa Mencolok, Ambo Alang, akhirnya terlaksana.


"Dan bagi penerima manfaat pembangunan Sanitasi ini juga telah kami telusuri dan survei bersama Tim, setelah itu barulah kami tentukan yang mana saja yang layak untuk mendapatkan bangunan WC ini," jelasnya.


Ada beberapa kategori yang layak mendapatkan bantuan ini, seperti bagi warga yang sedang hamil, warga yang memiliki bayi tau balita, Lansia dan bagi warga yang memiliki anak terkena stunting. Begitu juga bagi warga yang memang belum memiliki WC yang layak atau standard.


"Kami sebagai pengurus beserta Tim lainnya berupaya agar waktu yang telah ditentukan oleh Dinas terkait semua pekerjaan sudah terlaksana mencapai 100 persen. Dan untuk pelaksanaan pekerjaannya kami selalu pantau agar bagi tukang dapat mengerjakan sesuai dengan yang ditentukan atau RAB," terangnya.


Dirinya sebagai KSM dan selaku masyarakat Desa Mencolok sangat bersyukur dan berterimakasih kepada Pemerintah Desa, Kabupaten dan Provinsi yang telah mengabulkan keinginan masyarakat. Dan Dirinya juga tidak akan main-main dalam pengerjaannya.



"Dari awal pekerjaan ini kami selalu pantau dan tetap berkoordinasi dengan pendamping agar tidak ada kekeliruan dalam pembangunan. Begitu pula kepada tukang dan seluruh Tim agar mengerjakan sesuai RAB," tutupnya.


Sementara itu, salah seorang Penerima Manfaat yang berada di RT 01 Dusun Mencolok Laut, saat ditemui awak media, Aminah menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Pemerintah Desa maupun Pemerintah Kabupaten dan Provinsi, yang memberikan bantuan ini berupa WC. 


"Sebelumnya memang ada yang melakukan survei ke rumah saya, setelah itu kami dibangunkan WC ini. Semoga WC ini bisa digunakan dengan waktu yang lama, dan bermanfaat untuk aktifitas kami sehari-hari," tukasnya.(mjs)