Senin, 01 Agustus 2022

Jalan Lintas Sabak Barat-Kuala Jambi di Rigid Beton


SABKUPDATE.COM, MUARASABAK
- Pada tahun 2022 ini, Pemerintah Kabupaten Tanjabtim melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penata Ruang (PUPR) sudah mulai melakukan perbaikan jalan atau pembangunan di beberapa ruas jalan antar kecamatan. Salah satunya di jalan lintas antar Kecamatan Muara Sabak Barat-Kuala Jambi.


Seperti yang dikatakan Kabid Bina Marga Dinas PUPR Kabupaten Tanjabtim, Susiana. Dia menyampaikan, nama kegiatan pembangunan jalan itu, yakni jalan Tugu PMD, jalan Poros Kuala Jambi menuju ke Kampung Laut. Jalan tersebut dibangun rigid beton dengan panjang kurang lebih 1 Km.


"Ya, tahun ini kita akan membangun beberapa ruas jalan menuju kecamatan. Jalan lintas di Sungai Cambang menuju Kampung Laut saat ini sudah mulai dikerjakan oleh pihak rekanan kurang lebih sekitar 1 Km," katanya.


Susiana menjelaskan, bahwa pembangunan rigid beton di jalan tersebut dilakukan di beberapa titik yang mengalami kerusakan berat. Dan untuk progres pekerjaannya sampai saat ini sudah mencapai sekitar 20 persen.


"Jadi 1 Km panjang rigid beton itu dibangun difokuskan kondisi jalan yang mengalami rusak berat," jelasnya.


Terpisah, Abdullah, salah satu pengguna jalan saat melintas di jalan tersebut mengaku sangat bersyukur dengan adanya pembangunan jalan tersebut. Menurutnya, kalau pembangunan jalan jangka panjang, maka masyarakat maupun pengguna jalan akan merasa terbantu.


"Sebab akses jalan akan semakin mudah, dan jarak tempuh pun akan semakin singkat. Kalau biasanya jarak tempuh dari Kuala Jambi menuju kabupaten bisa memakan waktu 1,5 jam, tapi kalau jalan sudah bagus bisa dibawah 1 jam," ujarnya yang berprofesi sebagai pedagang ikan di pasar kalangan. 


Selaku pengguna jalan dan warga Tanjabtim, Abdullah berharap pembangunan jalan ini tetap berlanjut, sehingga jalan menjadi bagus dan akses transportasi jalur darat bisa lebih mudah serta cepat. 


"Pada dasarnya kami sebagai warga, harapannya berlanjut. Kalau bisa semua jalannya bisa bagus, agar kami pun sering menggunakan jalan ini bisa nyaman dan lancar berkendara," harapnya.


Untuk diketahui, pada tahun 2022 ini, baru ada Tiga ruas jalan yang sudah kontrak, yakni pembangunan jalan rigid beton Tugu PMD menuju Kampung Laut dengan panjang 1 Km, dari Simpang Lambur II menuju Simbur Naik dengan rencana panjang 700 M dan jalan menuju Kecamatan Mendahara dengan panjang kurang lebih 900 M.(mln)