Selasa, 02 Agustus 2022

STQ Ke-15 Desa Pematang Rahim Dibuka, M. Dong : Upaya Kualitas Pribadi Umat


SABAKUPDATE.COM, MENDAHARAULU
- Kepala Desa, M. Dong secara resmi membuka Seleksi Tilawatil Quran (STQ) ke-15 tingkat Desa Pematang Rahim, pada Rabu (3/8/2022) malam sekitar pukul 08.00 WIB.


Turut hadir Camat Mendahara Ulu, Surya Aldian, S.IP,. MH, Sekcam Muslimin, S.Sos, Kepala Kantor KUA, Perwakilan Polsek Mendahara Ulu, BKTM Brig. Muzakir, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Ketua Karang Taruna  Bangkit Bersama se Desa Pematang Rahim, para Dewan Juri/Hakim STQ, Pendamping, Pimpinan Kafilah dan para peserta STQ, masyarakat sekitar serta Perangkat Desa Pematang Rahim.


M. Dong memberikan apresiasi kepada seluruh panitia penyelenggara STQ dan masyarakat RT 04 Dusun Simpang Kiri yang telah berupaya dalam pelaksanaan STQ ini hingga dapat tercapai seperti sekarang ini.


"Dan saya berharap hingga diakhir penutupan dapat berjalan dengan baik aman tertib," harapnya.


Ia juga menyebutkan, bahwa Dua tahun belakangan ini pelaksanaan STQ tidak terlaksana dikarenakan masih dalam situasi pandemi Covid-19, dan Alhamdulillah tahun ini dapat dilaksanakan.



"Bangsa kita adalah bangsa yang mayoritas penduduknya memeluk Agama Islam, kita bangga dan bersyukur atas anugerah besarnya kuantitas penganut Islam. Tentu kuantitas itu harus dibarengi dengan kualitas yang sepadan," sebutnya.


Menurutnya, visi Islam untuk menjadi Rahmatan Lil'alamien sulit tercapai. Untuk itu, berdasarkan pada AL-Qur'an dan Hadist Umat Islam wajib memperbaiki kualitas pribadi umatnya secara menyeluruh.


"Kunci perbaikan kualitas menuju sumber daya insani yang tangguh, tanggap dan berakhlakul karimah hanyalah jika Al-Quran dan hadist dibaca, dipahami maknanya dan diamalkan," ungkapnya.


Camat Mendahara Ulu, Surya Aldian, S.IP., MH dalam sambutannya menuturkan, bahwa pelaksanaan STQ di tahun 2022 Desa Pematang Rahim lah yang perdana melaksanakan STQ setelah Pandemi Covid-19.


"Saya ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Desa yang telah mendukung dalam pelaksanaan STQ ini, dan kepada panitia dan segenap masyarakat RT 04 Dusun Pematang Rahim yang telah berusaha untuk menyukseskan kegiatan STQ yang ke-15 tingkat Desa Pematang Rahim," ucapnya.


Sementara, Hakim Dewan Juri merincikan, STQ ke-15 Desa Pematang Rahim ini  meliputi lomba, yakni lomba Adzan untuk SD/MI, lomba Tartil Anak-Anak Putra dan Putri, lomba Tilawah anak-anak Putra dan putri, lomba Hafalan Do'a Pendek Putra dan Putri untuk anak PAUD dan TK, lomba Hifdzil Qur'an  Jus Amma putra dan putri, lomba Rabana, lomba Praktek Sholat Jamaah (Gabungan putra-putri) dan lomba Pidato.(mjs)