Selasa, 20 September 2022

Balitbangda Tanjabtim Gelar Forum Diskusi Penyamaan Hasil Uji Petik Tim Peneliti dengan OPD Pengelola PAD


SABAKUPDATE.COM. MUARASABAK
- Bertempat di Aula Kantor Bupati Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kabupaten Tanjabtim melaksanakan kegiatan Analisis Potensi Pajak dan Retribusi Daerah Dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari mulai tanggal 21-22 September 2022.


Kepala Balitbangda Tanjabtim, Gustin Wahyudi mengatakan, tujuan pelaksanaan acara ini adalah untuk  mengklarifikasi data terkait penyamaan hasil uji petik tim peneliti potensi PAD dengan 13 OPD terkait pengelola pendapatan asli daerah (PAD) Tanjabtim.



"Adapun ke 13 OPD tersebut  diantaranya, RSUD nurdin Hamzah,  Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Diskominfo, Dinas Lingkungan Hidup,  Dinas Perindag, Dinas Perkebunan dan Peternakan, Dinas Pendidikan, Dinas Parbudpora, Dinas PUPR, Dinas Perikanan, Dinas TPH dan Dinas Perkim. Ke 13 OPD ini nantinya memiliki kewajiban dalam mendapatkan dan mengoptimalkan sumber Pajak dan Retribusi sesuai sektornya sendiri dalam peningkatan PAD," katanya. 


Gustin menjelaskan, dengan dilakukannya uji petik diharapkan permasalahan yang dihadapi setiap OPDbisa teratasi, sehingga PAD dari masing-masing sektor bisa maksimal. 



"Dalam melakukan uji petik,   Organisasi Perangkat Daerah (OPD) akan diingatkan teknis dalam memungut pajak dan retribusinya haruslah bersikap profesional. Dalam artian, belum optimalnya realisasi pajak dan retribusi  hingga saat ini benar-benar sesuai dengan kondisi di lapangan," jelasnya. 


Uji petik sangat penting dilakukan tiap masing-maasing OPD yabg terlibat mencari sumber penerimaan  dari pajak dan retribusi, tujuannya untuk mengidentifikasi dan mengawasi potensi PAD yang ada.(mln)