Selasa, 13 September 2022

Jambore Kades PKK Tingkat Kabupaten Tanjabtim Resmi Dibuka


SABAKUPDATE.COM, MUARASABAK
- Tim Penggerak PKK Kabupaten Tanjabtim menggelar Jambore Kader PKK tingkat kabupaten tahun 2022, yang dibuka langsung oleh Bupati Tanjabtim, H. Romi Hariyanto, di halaman Kantor Bupati Tanjabtim, Rabu (14/9) kemarin.


Kegiatan lomba tesebut diikuti oleh 11 kecamatan dilingkup Kabupaten Tanjabtim, dan bazar pameran dari beberapa OPD. Hadir pada kegiatan tersebut Ketua TP-PKK Kabupaten Tanjabtim, Hj. Wirdayanti Romi beserta pengurus, Ketua TP PKK Provinsi Jambi beserta pengurus, Ketua DPRD Tanjabtim, Forkompinda, para Camat, Lurah dan Kades serta para tamu undangan.

Ketua Panitia Pelaksana, Ny. Maya Sapril dalam laporannya menyampaikan, bahwa jumlah peserta jambore sebanyak 385 orang yang mewakili 11 kecamatan. Adapun peserta lainnya peserta Bazar dari OPD, Pokja kecamatan sebanyak 11 orang, organisasi 5 orang dan lain-lain.

"Lokasi lomba, yaitu aula dan pendopo Rumah Dinas Bupati, aula Kantor Bersama dan aula Rumah Pintar Tanjabtim," katanya.

Ada beberapa jenis lomba pada Jambore PKK ini, yaitu meliputi Bidang Sekretariat, yakni lomba Devile, lomba penyuluhan kader dasawisma, lomba rangking 1 dan lomba joget balon sambil makan kerupuk. Bidang Pokja I, yaitu lomba penyuluhan parhedi dan lomba drama parhedi. Bidang Pokja II, yaitu lomba kemasan produk, lomba unggulan dan lomba stand up comedy. 

"Bidang Pokja III, yaitu lomba lomba presentasi aku hatinya PKK, lomba merias wajah dengan menutup mata dan lomba makan serba ikan menu keluarga. Bidang Pokja IV, yaitu lomba lomba penyuluhan keluarga sehat tanggap dan tangguh bencana dan lomba berbalas pantun," jelasnya.

Sementara, Ketua TP-PKK Kabupaten Tanjabtim, Hj. Wirdayanti Romi dalam sambutannya mengucapkan rasa syukur atas terselenggaranya Jambore PKK tingkat kabupaten ini. Sebelumnya pihaknya telah melakukan pembinaan  dan pelaksanaan Jambore PKK ditingkat desa, kelurahan dan kecamatan.

"Alhamdulillah ini adalah hasil evaluasi terakhir kami dengan menggelar Jambore PKK tingkat kabupaten, dan Insya Allah nanti bisa memberikan yang terbaik untuk kami unggulkan kembali dalam Jambore PKK tingkat Provinsi Jambi," ucapnya.

Selain kegiatan jambore ini, TP PKK Kabupaten Tanjabtim juga berperan bagaimana cara langkah percepatan dalam penurunan angka stunting. Dimana angka stunting di Tanjabtim mencapai 25,6 persen. Angka itu naik, karena sebelumnya angka stunting hanya sekitar 21 persen.

"Namun dikarenakan kita dalam 2 tahun terakhir ini mengalami pandemi Covid-19, jadi angka stunting menjadi naik," ungkapnya.

Romi Hariyanto dalam sambutannya, mengucapkan terima kasih kepada seluruh TP PKK Kabupaten Tanjabtim. Tentunya keberhasilan pembangunan di Kabupaten Tanjabtim tidak terlepas dari peran ibu-ibu kader PKK, dan sampai saat ini para kader PKK masih mampu untuk berkarya. 

"Namun tentunya tantangan kedepan akan semakin sulit, salah satunya stunting. Dan yang lebih penting juga peran ibu-ibu PKK dalam menurunkan angka kemiskinan serta pendidikan anak yang putus sekolah," tukasnya.(mln)