Senin, 03 Oktober 2022

Kecamatan Muara Sabak Barat Gelar Mini Lokakarya Percepatan Penurunan Stunting


SABAKUPDATE.COM, SABAKBARAT
- Dalam rangka percepatan penurunan stunting di Kabupaten Tanjabtim, Pemerintah Kecamatan Muara Sabak Barat menggelar Mini Lokakarya, Senin (3/9) kemarin. Dimana kegiatan ini diinisiasi oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Kabupaten Tanjabtim.


Kegiatan ini adalah bagaimana cara menarik isu tentang penurunan stunting lebih kepada di level kecamatan hingga ke desa, sehingga upaya penurunan angka stunting bisa dimaksimalkan. Kalau dulu pembahasan stunting nya ditingkat kabupaten, sekarang ditingkat kecamatan maupun desa.


"Untuk itu, dari kegiatan ini kita bergerak sama-sama, sehingga kita bergerak tidak hanya di kabupaten saja, tapi juga langsung ke bawah," kata Kepala Dinas PPKB Kabupaten Tanjabtim, Hendriyanto.


Dijelaskannya, upaya yang dilakukan untuk penanganan stunting itu sendiri, yakni peningkatan asupan gizi, sarana dan prasarana yang mendukung kualitas kesehatan serta pola hidup sehat dan bersih ditingkat rumah tangga. 


"Hal itu yang seharusnya yang kita galakan agar stunting pada anak tidak terjadi. Intinya pola hidup sehat," jelasnya.



Sementara, Camat Muara Sabak Barat, Irwanuddin mengatakan, bahwa pihaknya sangat mendukung program ini, karena kecamatan dan kelurahan yang merupakan garda terbawah ikut andil untuk berupaya semaksimal mungkin bagaimana isu stunting ini dalam penanganannya sangat penting.


"Masyarakat kebanyakan kurang memahami tentang stunting, sehingga masyarakat berpikiran anaknya sehat, namun setelah dilakukan pemeriksaan berat badan, tinggi badan dan lingkar kepala, ternyata anaknya masuk kategori stunting," terangnya.


Untuk memberikan pemahaman tentang itu, Camat berharap melalui kader, Ketua RT/RW, Lurah bisa menyampaikannya ke masyarakat tentang pola hidup sehat itu penting. Untuk itu, pihaknya berupaya untuk turun langsung, agar stunting yang ada di Kecamatan Muara Sabak Barat bisa turun di tahun 2023 dan 2024.


"Kami akan berupaya semaksimal mungkin untuk melakukan penanganan stunting, supaya angka stunting Kecamatan Muara Sabak Barat khususnya dan di Kabupaten Tanjabtim pada umumnya turun," tandasnya.(mln)