Senin, 03 Oktober 2022

Tanjabtim Tidak Ada Program Bantuan Pompong


SABAKUPDATE.COM, MUARASABAK
- Pemerintah Kabupaten Tanjabtim melalui Dinas Perikanan menyatakan tidak ada program bantuan pompong. Bahkan pada tahun 2023 mendatang, program tersebut juga belum ada dilaksanakan.


Seperti yang disampaikan Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Tanjabtim, Hendri. Dia mengatakan, bahwa kalau pun ada bantuan tersebut sifatnya hanya usulan ke Kementerian melalui Dana Alokasi Khusus (DAK), dan itu pun harus melalui mekanisme tidak semerta-merta bisa disalurkan. 


"Jika bantuan itu ada, dan hanya sedikit maka akan kita cancel, dari pada menimbulkan kecemburuan sosial. Tapi kemungkinan besar itu (program bantuan pompong) tidak ada," tegasnya.


Sedangkan pada tahun 2022 ini juga tidak ada. Apalagi saat ini sudah tahun berjalan. Kalau yang diusulkan untuk tahun 2023 belum ada persetujuan dari kementerian. Sementara kalau program bantuan pompong dianggarkan dari APBD Tanjabtim, lanjut Hendri, sepertinya tidak memadai. Pasalnya, biaya yang harus dikeluarkan luar biasa besar.


"Kalau Dinas Perikanan sekarang ini lebih mengutamakan bantuan alat tangkap. Karena jangkauan anggaran yang terbatas, jadi untuk bantuan alat tangkap bisa lebih banyak," katanya.


Di tahun ini untuk bantuan alat tangkap hanya 1 kelompok dari APBD Tanjabtim, sedangkan untuk tahun 2023 yang bersumber dari DAK Pusat 5 kelompok dan 2 kelompok bersumber dari APBD Kabupaten Tanjabtim. 


"Kita hanya fokus ke bantuan alat tangkap. Kita tahun depan saja ada 7 kelompok yang dapat alat tangkap dari APBN dan APBD," tukasnya.(mln)