Senin, 16 Januari 2023

Musrenbangdes Sungai Toman Sukses Digelar


SABAKUPDATE.COM, MENDAHARAULU
- Bertempat di Aula Kantor Desa Sungai Toman, Kecamatan Mendahara Ulu Kabupaten Tanjabtim, kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) tahun 2024, Sukses digelar, Selasa (17/1) pagi.


Turut hadir pada kegiatan itu, Camat Mendahara Ulu, Surya Aldian, SIP,. MH beserta rombongan, Kapolsek Mendahara Ulu diwakili Kanit Binmas, Brigadir Jupi Aris Sembiring, Kanit Intel, Brigadir M. Ali, Korwil Pendidikan Mendahara Ulu, Sulaiman, S.PDi, Kepala Puskesmas Simpang Tuan, Ketua BPD beserta Anggota Desa Sungai Toman, para Kadus, Kaur, RT, Tokoh Pemuda, Tokoh Agama, LPM, perwakilan ibu PKK dan perwakilan masyarakat Desa Sungai Toman.


Kepala Desa Sungai Toman Zulkarnain menyampaikan, Musrenbang ini dilakukan guna untuk menampung aspirasi untuk pembangunan di Desa Sungai Toman. Dimana sebelumnya juga telah dilakukan Pra-Musrenbang.


"Di Musrenbangdes tahun 2023 ini yang diprioritaskan usulan tahun sebelumnya yang belum teralisasi. Sedangkan usulan yang baru kita saring, mana yang bersifat urgen dan mana yang masih bisa kita tunda dan akan kita prioritaskan di tahun berikutnya," katanya.


"Tentunya usulan yang ada tidak menyalahi aturan atau tidak termasuk di dalam kamus. Untuk itu, kita harus saling memahami agar tidak ada saling menyalahkan," sambungnya.



Sementara itu, Camat Mendahara Ulu, Surya Aldian, SIP,. MH menuturkan, Musrenbang ini adalah sebagai dasar pembangunan desa yang harus dilaksanakan. Ia berharap agar usulan-usulan itu nantinya berdasarkan visi misi Kepala Desa dan pemerintah kabupaten.


"Semua usulan dapat kita saring. Dan apabila Dana Desa tidak dapat mengkovernya, kita dapat mengusulkan ke APBD 1 ataupun APBD 2. Bahkan juga diusulkan kepada Perusahaan yang ada dilingkup Desa Sungai Toman ini," tuturnya.


Kanit Binmas Polsek Mendahara Ulu, Brigadir Jupi Aris Sembiring berharap, mengingat Kepala Desa Sungai Toman, Zulkarnain baru dilantik, maka kepada Seluruh masyarakat desa dan para Aparatur Desa Sungai Toman, agar tidak adalagi pro dan kontra.


"Saat ini beliau adalah Kepala Desa Sungai Toman, jadi saya berharap agar seluruh elemen masyarakat dapat bersatu dan menyatu untuk menjadikan Desa Sungai Toman yang maju, baik, bersih, supaya nanti dapat menjadi desa percontohan yang baik," ungkapnya.


Ditambahkannya, kedepan apabila ada yang sekiranya kurang berkenan terhadap Kepala Desa ataupun Pemerintah Desa  agar jangan membahas di sembarang tempat, ada baiknya disampaikan langsung agar tidak simpang siur.


"Hal itu demi kebaikan bersama, dan bila adapun permasalahan sepele tidak harus lapor ke pihak kepolisian, upayakan berdiskusi terlebih dahulu," tutupnya.(mjs)