Rabu, 09 Agustus 2023

Litbangda Tanjabtim Gelar Workshop di Kecamatan Geragai


SABAKUPDATE.COM, MUARASABAK
- Guna meningkatkan kualitas SDM yang ada, Badan Penelitian Pembangunan Daerah (Litbangda) Kabupaten Tanjabtim menggelar Workshop di aula Kantor Camat Geragai, Rabu (9/8) siang. 


Kegiatan dengan tema "Upaya Dini Pengembangan Kualitas & Produktivitas Tenaga Kerja Di Kabupaten Tanjung Jabung Timur" itu, dibuka secara resmi oleh Kepala Badan Balitbangda Kabupaten Tanjabtim, Gustin Wahyudi didampingi Kabid Litbang Sosial dan Pemerintah, Ice Kurniaty dan dihadiri Camat Geragai, Iduar Aidi.


Kegiatan ini diikuti oleh puluhan peserta, mulai dari pelajar, karang taruna, organisasi pemuda dan lainnya. Sedangkan ada 3 narasumber, yakni Tarsa Syafri, Instruktur Ahli Madya Manajemen Produktivitas Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jambi 


Kemudian Ariyanto, SE. MM, JF. Penggerak Sumber Daya Masyarakat Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Tanjabtim. Dan Aris Tri Saputra, SE.MM : Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Tanjabbar.


Kepala Badan Litbangda Kabupaten Tanjabtim, Gustin Wahyudi menyerahkan secara simbolis piagam Workshop ke salah satu peserta 


Dalam sambutannya Kepala Badan Litbangda Kabupaten Tanjabtim, Gustin Wahyudi mengatakan, bahwa semakin banyaknya jumlah penduduk maka akan memacu pertumbuhan ekonomi ke tingkat yang lebih tinggi, dan tentunya hal ini membuka kesempatan bagi para tenaga kerja yang profesional dan terampil untuk bersaing sesuai dengan tuntutan kebutuhan pasar yang ada.


"Pemerintah tentunya memegang peranan penting dalam peningkatan kapasitas SDM terutama generasi muda melalui berbagai pendidikan dan pelatihan, kompetensi, pembinaan dan lain sebagainya. Sebagi penopan roda pembangunan harapannya pemberdayaan generasi muda bisa menciptakan generasi yang profesional, inovatif, terampil, kreatif dan berdaya saing tinggi" tuturnya.


Gustin menambahkan, dengan kriteria yang disampaikan tersebut, merupakan karakteristik yang mampu berkontribusi dan memenangkan persaingan global kedepannya. Berkaitan dengan hal itu, Kabupaten Tanjabtim tentunya juga tengah bersiap dengan cara meningkatkan dalam menciptakan tenaga kerja yang bersaing dengan cara meningkatkan keahlian dan keterampilan tenaga kerja maupun calon tenaga kerja melalu Balai Latihan Kerja (BLK) daerah serta peningkatan kualitas instrukturnya.


"Prioritasnya kita bisa menciptakan tenaga kerja aktif yang siap terjun langsung dalam persaingan, guna meningkatkan kompetensi daya saing calon tenaga kerja kedepannya" jelas Gustin.


Dengan terselenggaranya Workshop ini diharapkan bisa menjadi bekal bagi para peserta yang berasal dari generasi muda, untuk menjadi tenaga kerja yang berkualitas produktif dan kompetitif agar bisa bersaing dalam skala regional, nasional maupun internasional. Yang tak kalah penting generasi muda kedepannya mampu menciptakan lapangan pekerjaan untuk calon-calon tenaga kerja baru.


Kabid Litbang Sosial dan Pemerintah, Ice Kurniaty saat menyampaikan sambutannya


Sementara itu, Kabid Litbang Sosial dan Pemerintah, Ice Kurniaty menyampaikan, tujuan pelaksanaan workshop ini adalah guna memberikan informasi sekaligus pengetahuan bagaimana untuk menjadi tenaga kerja yang memiliki daya saing, kemudian meningkatkan kompetensi SDM yang ada khususnya para generasi muda agar menjadi tenaga kerja yang berkualitas.


"Selanjutnya membantu peserta untuk memahami perubahan dalam pasar kerja termasuk perkembangan teknologi maupun tuntutan dalam pekerjaan, serta bisa menambah wawasan bagi para peserta terkait perlindungan jaminan sosial bagi tenaga kerja," terangnya.


Saat pelaksanaan acara berlangsung, peserta tampak antusias dengan berbagai materi yang disampaikan para narasumber. Beberapa point materi yang disampaikan yakni; Potensi dan Pasar Kerja di Provinsi Jambi oleh Tarsa Safri, Upaya Meningkatkan Kualitas dan Produktivitas Tenaga Kerja di Kabupaten. Tanjung Jabung Timur oleh Ariyanto dan Peranan BPJS Ketenagakerjaan dalam memberikan Perlindungan Jaminan Sosial kepada Tenaga Kerja oleh Aris Tri Saputra.


Seusai pelaksanaan workshop para peserta juga mendapatkan piagam penghargaan, dilanjutkan dengan pemberian kontak informasi dan foto bersama.(mln)