Jumat, 24 November 2023

Hari Guru Nasional, Anton Susilo : Guru Pembentuk Karakter Generasi Muda


SABAKUPDATE.COM, MENDAHARAULU
- Hari Guru Nasional merupakan momen penting bagi setiap negara untuk merayakan peran guru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Di Indonesia, Hari Guru Nasional diperingati setiap tanggal 25 November.


Hari ini Sabtu (25/11) seluruh guru di Indonesia merayakan peringatan Hari Guru tersebut. Seperti Anton Susilo, Kepala SMP Negeri 31 Tanjabtim, yang berada di Desa Sungai Toman, Kecamatan Mendahara Ulu. Dia sangat menghargai jasa-jasa para guru terdahulunya, hingga dia berada di titik yang sekarang ini.


"Selamat Hari Guru Nasional 2023. Terima kasih atas dorongan dan dukungan para guru, tanpa usahamu kami tidak akan bisa berlari sampai sekarang ini," ucapnya.


Anton Susilo mengungkapkan, peringatan Hari Guru ini adalah sebagai bentuk penghormatan terhadap guru yang telah berjuang dalam membentuk karakter generasi muda. Sehingga para anak didik bisa mencapai cita-citanya di masa yang akan datang.


"Guru menjadi sosok penting dalam mendukung perkembangan bangsa maupun sumber daya manusia. Guru sebagai pengajar sekaligus sebagai pendidik yang memberikan pengetahuan dan mendisiplinkan murid. Semua yang dilakukan guru demi kepentingan murid. Karena itu, guru bukanlah sebagai pekerja, tetapi profesi," katanya.



Subtansi seorang guru menurutnya merupakan orang yang telah mendidik dan memberikan ilmu kepada anak didik walaupun satu huruf. Terkadang ada sebagian orang mengartikan guru yang layak dihormati mereka yang mengajari ilmu agama, dan selain itu bukanlah guru yang layak dihormati dan disegani.


"Tentu saja ini pemahaman yang keliru dan guru itu tidak dibedakan kepada jenis ilmu yang diajari, namun apa pun yang diajari dalam kebaikan meskipun satu huruf dialah sosok guru," ujarnya.


Apresiasi tinggi atas setiap inspirasi yang guru tularkan dalam semangat mengajar yang penuh welas asih dan kasih sayang. Pembelajaran yang bersumber dari hati, hingga mencipta ikatan relasi yang kuat guru-murid. Pendidikan sejati yang membebaskan dan membentuk manusia yang berpengetahuan, berkepribadian, kreatif, dan berakhlaqul karimah. 


"Semoga para guru terus berbahagia dalam menjalankan tugasnya sebagai suluh bangsa. Tugas kami untuk terus memperjuangkan kesejahteraan para guru Indonesia," harapnya.(mjs)