Selasa, 07 November 2023

Rehab Tanggul di Desa Lagan Tengah, Saluran Air Perkebunan Warga Menjadi Lancar


SABAKUPDATE.COM, GERAGAI
- Rehabilitasi tanggul sungai yang berada di Dusun Sungai Tawar III Desa Lagan Tengah, Kecamatan Geragai, Kabupaten Tanjabtim telah selesai dikerjakan. Masyarakat yang terdampak dari pembangunan proyek tersebut, sangat merasakan asas manfaatnya.


Dimana saat ini perkebunan kelapa milik masyarakat yang berada disekitaran tanggul tidak lagi kemasukan air laut, sehingga lambat laun kualitas buah pun akan bisa baik.


Seperti yang disampaikan Reza Fahlevi, salah satu pemilik kebun di lokasi tanggul, bahwa saat ini semenjak tanggul sungai itu direhab, air keluar masuk ke perkebunan sudah lancar. Kemudian saat air sungai sedang pasang, air tidak lagi melimpah masuk ke perkebunan.


"Kalau dulu, air pasang kebun pasti kemasukan air. Tapi sekarang Alhamdulillah sudah tidak lagi. Dan buahnya pun secara bertahap akan dalam kualitas yang bagus," katanya.


Memang, lanjutnya, proyek rehab tanggul sungai ini sempat ada masalah, karena ada yang longsor. Akan tetapi sudah diperbaiki oleh pihak kontraktornya dengan melibatkan masyarakat setempat secara swadaya. 


"Kemarin karena tanggulnya rusak atau longsor, air sungainya jadi masuk lagi ke perkebunan warga. Tapi sekarang Alhamdulillah sudah diperbaiki oleh rekanan," jelas Reza Fahlevi, yang juga menjabat sebagai Kepala Dusun Bunga di Desa Lagan Tengah.


Dia berharap, kedepannya ada penambahan rehab tanggul sungai lagi dari Pemerintah Daerah Kabupaten Tanjabtim di Desa Lagan Tengah ini. Karena masih banyak lokasi tanggul yang perlu perbaikan. Karena rehab tanggul disekitaran perkebunan warga ini sangat perlu.


"Karena desa kami ini dekat dengan aliran sungai pasang surut," sebutnya.


Terpisah, Kepala Desa Lagan Tengah, Asrofin juga mengatakan hal yang sama. Namun, rehab tanggul sungai tersebut bukan saja bermanfaat bagi perkebunan warga, tapi juga bermanfaat bagi Tempat Pemakaman Umum (TPU) Desa Lagan Tengah. Karena sekarang tidak lagi terendam oleh air.


"Yang jelas program rehab tanggul sungai ini sangat bermanfaat bagi masyarakat setempat," ungkapnya.


Asrofin juga berharap kepada Dinas PUPR atau Pemerintah Kabupaten Tanjabtim, agar tidak henti-hentinya membantu Desa Lagan Tengah dalam hal pembangunan. Mengingat anggaran Dana Desa yang terbatas dan tidak mengcover semua kebutuhan masyarakat.


"Desa kami ini sangat luas, jadi memang perlu perhatian dari pemerintah kabupaten," tukasnya.(mln)