Minggu, 10 Desember 2023

Desa Pematang Rahim Gelar Penyuluhan dan Pelatihan Pola Pengasuhan Anak


SABAKUPDATE.COM, MENDAHARAULU
- Pemerintah Desa Pematang Rahim, Kecamatan Mendahara Ulu menggelar penyuluhan dan pelatihan Pola Pengasuhan Anak (Parenting) pada tanggal 11 s.d 12 Desember 2023.


Kegiatan yang dimotori oleh Kepala Dinas PPKB Kabupaten Tanjabtim, Hendri. Dia mengatakan, bahwa dalam mengasuh anak menerapkan peraturan dalam keluarga sangat penting untuk membantu si kecil. Yakni memahami perilaku mana yang baik dan tidak baik. Belajar mengikuti peraturan yang sesuai dengan norma yang berlaku dan mengenal konsekuensi dari perbuatan yang tidak baik. 


"Agar peraturan bekerja dengan baik, semua anggota keluarga (termasuk kakek dan nenek) perlu memahami, menyepakati dan mengikuti peraturan yang berlaku secara konsisten," katanya.


Dengan begitu, lanjutnya, si Kecil dapat membedakan antara hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan dengan baik. Contohnya, orang tua tahu bahwa anak usia dini perlu membatasi screen time agar ia bisa belajar maksimal di “dunia nyata”.



"Jadi, orang tua menetapkan peraturan, “Makan tidak boleh sambil main ponsel maupun nonton televisi. Kalau ada satu saja anggota keluarga yang sibuk dengan ponsel ketika makan malam bersama dan tidak mendapatkan teguran atau merasakan konsekuensi yang sudah disepakati, si Kecil akan bingung mengenai peraturan yang dibuat," ungkapnya.


Sementara, Kepala Desa Pematang Rahim, M. Dong menjelaskan, anak akan berkembang dengan sangat baik ketika memiliki hubungan yang kuat dan penuh cinta-kasih dengan orang tuanya. Hubungan yang positif antara anak dengan orang tua akan membuat mereka merasa dicintai, lebih percaya diri, dan merasa aman dalam mengeksplorasi dunia di sekitar.


"Menunjukkan rasa sayang pada si kecil dengan berbagai cara seperti mengatakannya secara langsung, memberikan pelukan hangat, atau memberikan kecupan di kening. Meluangkan waktu untuk quality-time dengan anak. Contohnya dengan mengobrol berdua sebelum tidur atau membaca buku bersama," tukasnya.(mln)