Selasa, 13 Februari 2024

Bawaslu Ingatkan Pengawas Tetap Stanby


SABAKUPDATE.COM, MUARASABAK
- Pelaksanaan Pemilihan Legislatif serta Presiden dan Wakil Presiden pada Pemilu serentak tahun 2024, Bawaslu Kabupaten Tanjabtim berpesan kepada masyarakat agar tetap menjaga rasa persatuan dan kesatuan meski berbeda pilihan.


Hal itu disampaikannya pada saat melakukan pemantauan di beberapa TPS yang berada di Kecamatan Muara Sabak Barat dan Geragai bersama Bupati Tanjabtim dan Forkompinda, Rabu (14/2) kemarin.


Ketua Bawaslu Kabupaten Tanjabtim, Tarmuzi mengatakan, bahwa mulai dari pencoblosan sampai dengan penghitungan suara ditingkat TPS dan pleno ditingkat kelurahan/desa sampai ke tingkat kecamatan, masyarakat harus bisa menjaga situasi kondusif dan rasa persaudaraan.


"Meski berbeda pilihan, namun kita harus tetap menjaga persatuan dan kesatuan antar sesama, agar pelaksanaan Pemilu serentak di Kabupaten Tanjabtim berjalan lancar dan aman," katanya.


Kepada petugas Panwascam, PKD dan PTPS untuk dapat menjalankan tupoksi sebagaimana mestinya. Kepada PTPS agar saat penghitungan suara juga harus Stanby di TPS masing-masing. Sebab, PTPS adalah garda terdepan atau ujung tombak dari pengawasan di lapangan. 


"Dari proses pemungutan dan penghitungan suara, PTPS lah yang langsung melihat dan menyaksikan prosesnya di TPS," sebutnya.


"Intinya kondisi TPS tidak boleh kosong, pengawas harus berada di TPS sampai penghitungan suara selesai. Jika ada urusan urgen, harus segera koordinasi dengan PKD," tegasnya.


Untuk diketahui, sampai saat ini Bawaslu Kabupaten Tanjabtim belum mendapat laporan terkait dengan adanya pelanggaran-pelanggaran yang ada di TPS. Saat ini semua berjalan dengan lancar, aman dan kondusif.(mln)